Turki Ajukan 3 Syarat Jika Amerika Ingin Dibantu Menjaga Bandara Kabul

Rabu, 21 Juli 2021 | 09:10 WIB
google google

RIAU24.COM - Presiden Erdogan meminta Amerika Serikat untuk memenuhi tiga syarat termasuk; dukungan keuangan, logistik dan diplomatik, sehingga Turki dapat menjalankan dan menjaga bandara Kabul setelah pasukan AS menarik diri dari Afghanistan, Selasa (20/7).

Turki menawarkan diri untuk mengerahkan pasukannya ke bandara Kabul setelah NATO sepenuhnya menarik diri.
Baca Juga: Atlet Aljazair Tolak Lawan Israel dan Mundur Olimpiade Tokyo 2020, Netizen: Harusnya Dikalahkan dan Hadiah Kasih Palestina

 
Taliban yang menguasai 86% wilayah Afghanistan sejak Amerika menarik pasukannya, tak senang dengan kemurahan hati Turki. Taliban mengaku keberatan dan meminta Turki untuk tak ikut campur.
Baca Juga: Terungkap! Begini Cara Taliban Kuasai Hampir Setengah Afghanistan Dengan Cepat
 
"Jika kondisi ini dapat dipenuhi, kami berpikir untuk mengambil alih pengelolaan bandara Kabul. Akan ada kesulitan keuangan dan administrasi yang serius ... (Amerika Serikat) akan memberikan dukungan yang diperlukan ke Turki dalam hal ini juga," tambah Erdogan, setelah menghadiri sholat subuh di hari Raya Idul Adha.

Taliban menyebut rencana Turki itu tercela. Sedangkan Ankara bersikeras bahwa bandara harus tetap terbuka untuk mempertahankan misi diplomatik di sana.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...