Bangun Malam Karena Sakit Perut, Mungkin Anda Mengalami 4 Hal Ini

Kamis, 22 Juli 2021 | 11:27 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  PASTI sebagian dari kita pernah terbangun tengah malam dengan sakit perut dan ingin buang air besar. Buang air besar di malam hari dianggap sebagai 'alarm' yang bisa menandakan ada sesuatu yang salah.

Ada beberapa faktor yang mengaktifkan reseptor usus secara berlebihan sekaligus merangsang motilitas usus atau menyebabkan kerusakan pada dinding usus.

Baca Juga: Terungkap, Makanan Seperti Ini Ternyata Mampu Membantu Mencegah Infeksi dan Kematian Akibat Covid-19

Berikut empat alasan mengapa Anda tiba-tiba merasakan sakit perut saat tidur nyenyak.

1. Infeksi

Infeksi saluran pencernaan dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Di antara tanda-tanda seseorang mengalami infeksi ketika menderita diare, kram perut, mual dan muntah serta demam ringan.

Dalam kebanyakan kasus, infeksi biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

2. Masalah pencernaan

Penyakit radang usus (IDB) seperti penyakit crohn dan kolitis ulserativa dapat menjadi penyebab seseorang terbangun di tengah malam untuk buang air besar, bahkan itu adalah salah satu gejalanya.

Selain itu, penderita penyakit ini juga mengalami gejala seperti penurunan berat badan, sakit perut, tinja berdarah dan diare.

3. Keracunan makanan

Infeksi pada sistem pencernaan akibat makanan dapat menyebabkan seseorang lebih sering mengalami sakit perut termasuk pada malam hari.

Namun, pasien tidak boleh tinggal diam jika mengalami keracunan makanan, termasuk gejala seperti demam, tinja berdarah, sakit kepala, dan muntah.

Sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan agar kondisi pasien terkendali.

Baca Juga: Tahukah Kamu Jika Kurang Tidur Bisa Bikin Berat Badan Naik, Ini Penjelasannya

4. Efek obat-obatan

Jika Anda tiba-tiba sakit perut pada jam 2 pagi, coba periksa kembali apakah Anda pernah mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik yang dapat mengubah keseimbangan bakteri usus dan menyebabkan diare.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...