Jangan Sembarangan, Pisang Bisa Jadi Racun Kalau di Konsumsi dengan 5 Kondisi Ini

Senin, 26 Juli 2021 | 08:38 WIB
google google

RIAU24.COM - Selama ini, pisang selalu jadi buah-buahan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari. Harganya murah dan rasanya enak. 

Namun siapa sangka, pisang bisa jadi racun kalau dikonsumsi orang dengan 5 kondisi ini. 

Pisang merupakan buah yang lumrah dikonsumsi berbagai kalangan karena ketersediannya yang banyak dan terjangkau.

Berbagai pangan olahan pisang pun banyak diprodukai karena penggemar buah ini juga cukup banyak. Diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, namun tak selamanya pisang ini baik bagi tubuh.

Baca Juga: Sedikitnya 10 Kasus Penggumpalan Darah di Otak Terjadi Setelah Disuntikkan Vaksin Jenis Ini di Singapura

Ternyata ada beberapa orang yang justru akan merasakan dampak negatif saat dirinya mengonsumsi pisang.

Inilah 5 ciri-ciri seseorang yang sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi pisang.

1. Punya penyakit asma

Konsumsi pisang ternyata kurang disarankan pada penderita asma. Pisang bisa memblokir saluran udara dan menyebabkan masalah pernapasan. Pada penderita asma, pisang bisa menyebabkan peradangan dan menyebabkan alergi. Dengan demikian, pernapasan menjadi lebih sulit.

2. Menderita sembelit

Bagi penderita sembelit, beberapa jenis pisang ternyata bisa memperparah keadaan. Khusus bagi pisang hijau dan pisang belum matang, kondisi sembelit ini bisa bertambah buruk. Pisang tersebut kaya asam tannic yang bisa memengaruhi proses pencernaan. Namun, pisang matang justru disarankan bagi penderita sembelit karena bisa membantu melancarkan buang air besar.

3. Menderita migrain dan masalah saraf

Merasa tengah sering terserang migrain? Sebaiknya memang hindari dahulu konsumsi pisang. Pada pisang terkandung zat yang disebut tyramine yang bertanggung jawab untuk meningkatkan frekuensi serangan migrain dan rasa sakit. Selain itu seseorang yang memiliki riwayat penyakit saraf juga sebaiknya menghindari buah ini.

4. Memiliki masalah gigi

Baca Juga: Perusahaan Biotek China Ini Yakin Jika Vaksin Buatannya Sangat Efektif Melawan Berbagai Varian Virus Corona yang Terus Bermutasi

Penelitian ahli mengungkapkan bahwa pisang lebih bisa merusak gigi daripada cokelat atau bahkan permen. Pisang kaya akan pati yang akhirnya menyebabkan kerusakan gigi. Khususnya bila tidak merawat dengan benar, seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit gigi dan gusi bisa menjadi lebih parah karena konsumsi pisang.

5. Penyakit diabetes

Pada kasus penderita diabetes, pisang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki glikemik sedang. Hal ini bisa menyebabkan lonjakan dalam kadar gula darah. Konsumsi yang berlebihan pun bisa meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular atau jantung, pada penderita diabetes ini.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...