Ini Manfaat Luar Biasa yang Kamu Dapat Jika Sering Minum Air Hangat

Senin, 26 Juli 2021 | 14:49 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Sebagaimana yang kita ketahui, mengonsumsi cukup air mineral atau air putih merupakan langkah yang baik untuk kesehatan.

Tapi, jika kamu ingin merasakan manfaat lebih, minum air hangat adalah cara yang terbaik. Seperti dilansir dari Okezone.com, pengobatan tradisional atau alternatif juga sering menghubungkan air hangat dengan kesehatan yang lebih baik.

Berikut ini penjelasan kenapa meminum air hangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: 5 Gejala Gagal Jantung yang Tidak Boleh Disepelekan Jika Ingin Panjang Umur

1. Meredakan dan mencegah pilek serta batuk

Air hangat merupakan cara yang bagus untuk tetap terhidrasi dan meredakan gejala batuk serta pilek. Ini tidak hanya memberikan kelegaan pada tenggorokan, namun juga menjaga saluran pernapasan tetap bersih, serta membantu membuka sumbatan pada sinus dan saluran hidung. Mengonsumsi air panas dapat memungkinkan Anda untuk menghilangkan dahak serta lendir lebih cepat.

2. Membantu pencernaan

Minum air hangat juga bisa merangsang buang air besar. Saat kamu minum air hangat, maka cairan itu akan cepat diserap oleh usus kecil serta mengurangi risiko sembelit. Mengonsumsi air hangat ternyata juga membantu membuang angin yang terperangkap serta menyingkirkan keasaman dan masalah lambung lainnya.

Baca Juga: Delta Strain Covid Dominan Secara Global, Sekarang Menyebar ke 185 Negara: WHO

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Minum air hangat ternyata bisa meningkatkan sirkulasi darah. Ini memungkinkan fungsi otot dan organ berkerja dalam kondisi atau keadaan yang lebih baik. Selain itu, air panas juga baik untuk mengatasi atau mencegah kram menstruasi. Maka itu, konsumsi setidaknya 3 liter air hangat dalam sehari.

4. Meningkatkan Metabolisme

Terakhir, air hangat merupakan alat detoksifikasi dalam membuang racun lebih cepat. Tidak hanya lebih efektif membuang racun dari sistem tubuh, tetapi rutin minum air hangat juga meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan. Ini karena memecah jaringan adiposa (atau lemak tubuh) lebih cepat dari biasanya.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...