Ini Penyebab Rasa Mual yang Muncul Saat Membaca Buku atau Melihat Ponsel dalam Mobil

Kamis, 29 Juli 2021 | 09:16 WIB
google google

RIAU24.COM -  Pernahkah Anda merasa mual saat main HP atau gadget Anda lainnya di mobil? Tak hanya main HP, membaca buku juga bisa menimbulkan sensasi pusing dan mual. Sebenarnya, apa yang terjadi dengan tubuh saat main HP di dalam mobil?

Melansir dari Medical News Today secara umum, beberapa pengalaman mual dalam kendaraan disebut motion sickness atau mabuk kendaraan.

Ini sama dengan kondisi ketika Anda naik kapal, lalu merasa pusing dan mual. Tanda mabuk kendaraan termasuk mual, lemas, dan muntah.

Baca Juga: 5 Gejala Gagal Jantung yang Tidak Boleh Disepelekan Jika Ingin Panjang Umur

Sementara itu, untuk mual yang diakibatkan oleh main HP atau gadget lainnya di dalam mobil dikenal dengan istilah digital motion sickness. Digital motion sickness terjadi karena ketidakcocokan antara input sensorik di dalam otak.

Rasa mual itu juga terjadi karena adanya ketidakselarasan antara mata dan telinga. Telinga yang merupakan indera pendengaran memiliki peran untuk mengatur keseimbangan. Ketika ketidakselarasan antara mata dan telinga terjadi, keduanya akan memberi sinyal berbeda ke otak.

Saat seseorang membaca buku atau melihat ponsel di mobil, mata akan fokus pada objek yang merupakan benda tidak bergerak. Di kondisi ini mata akan mengirim sinyal ke otak bahwa kita sedang tidak bergerak. Sementara telinga yang memiliki fungsi pengatur keseimbangan akan mengirim sinyal berbeda. Ini pun juga berlaku pada saat mobil sedang tidak bergerak.

Baca Juga: Delta Strain Covid Dominan Secara Global, Sekarang Menyebar ke 185 Negara: WHO

Adanya dua sinyal yang berbeda ini akan menyebabkan otak menjadi 'bingung' dan muncul lah rasa mual.

Agar tidak mengalaminya, usahakan untuk menghindari penyebabnya. Kamu bisa melihat benda yang bergerak, mendengarkan musik ataupun tidur saat di perjalanan. Bila perlu, konsumsi obat anti mual.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...