Jangan Minum Parasetamol untuk Hilangkan Sakit Kepala Akibat Mabuk Alkohol

Kamis, 29 Juli 2021 | 15:29 WIB
Sumberfoto: TikTok Sumberfoto: TikTok

RIAU24.COM - Dr Karan Rangarjan, seorang dokter bedah dan dosen di Sunderland University, secara teratur membagikan pengetahuannya di bidang kesehatan melalui platform TikTok untuk mendidik orang tentang medis, mengungkap mitos, dan lainnya.

Dalam sebuah video yang ia unggah di TikTok baru-baru ini, ia mengungkapkan mengapa Anda tidak boleh menngonsumsi parasetamol dan alkohol karena konsekuensi yang sangat berbahaya.
Baca Juga: 5 Gejala Gagal Jantung yang Tidak Boleh Disepelekan Jika Ingin Panjang Umur


Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk mengobati berbagai gejala, termasuk sakit kepala , migrain, demam, nyeri tubuh, dan nyeri.

Namun, pencampuran kedua zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel-sel hati.

Dokter menjelaskan bahwa baik parasetamol dan alkohol menghasilkan "produk beracun" ketika dipecah di dalam tubuh.

Baca Juga: Delta Strain Covid Dominan Secara Global, Sekarang Menyebar ke 185 Negara: WHO

Ketika dikonsumsi secara bersamaan, tubuh mungkin tidak dapat memproduksi cukup bahan kimia tertentu yang disebut glutathione untuk menetralkan senyawa beracun dengan cukup cepat yang dapat berdampak pada hati.

“Ketika Anda mengonsumsi parasetamol, itu dipecah oleh tubuh menjadi berbagai bahan kimia. Salah satu bahan kimia tersebut adalah senyawa beracun yang dapat merusak sel hati," katanya dalam unggahan itu.

“Untuk mencegah kerusakan ini, hati memproduksi glutathione untuk menetralisir senyawa beracun ini. Glutathione juga menetralkan asetaldehida, produk pengurai racun alkohol."

"Jika Anda mencampur parasetamol dan alkohol, glutathione tidak cukup untuk menetralkan produk pengurai racun alkohol dan parasetamol."

Dr Karan merekomendasikan untuk menggunakan ibuprofen daripada parasetamol untuk mengobati sakit kepala akibat mabuk.

Sejak diposting, video tersebut telah mengumpulkan lebih dari 92.900 suka dan komentar dari pengguna yang mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui masalah ini dan banyak yang sudah mencampur alkohol dan parasetamol berkali-kali.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...