Gak Perlu Bayar Perawatan Mahal ke Salon, Ini Keajaiban yang Dilakukan Kopi Pada Kulit dan Rambut Anda

Selasa, 03 Agustus 2021 | 09:59 WIB
Foto : Hipwee Foto : Hipwee

RIAU24.COM -  Apakah Anda seseorang yang merasa pagi Anda tidak lengkap tanpa secangkir kopi yang enak dan kuat? Tapi tahukah Anda bahwa kopi juga bisa mengubah penampilan Anda? Apakah Anda menyeruput secangkir teh favorit Anda atau mengoleskannya secara topikal, kopi dapat melakukan keajaiban pada kulit dan rambut Anda

Meningkatkan Antioksidan
Anda harus menyadari bahwa kopi secara alami kaya akan kafein, yang memberi Anda dorongan energi di setiap cangkir.

Kafein juga memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Antioksidan melawan radikal bebas yang merupakan salah satu agen utama kerusakan kulit dan rambut Anda. Jadi apakah Anda minum kopi atau lebih memilih menggunakannya sebagai masker, kopi akan melindungi kulit dan rambut Anda dari polutan, bahan kimia, dll. serta memberikan efek menenangkan dan menenangkan.

Baca Juga: 5 Gejala Gagal Jantung yang Tidak Boleh Disepelekan Jika Ingin Panjang Umur

Fungsi Kopi Bagi Kulit

Singkirkan Selulit Berlebihan
Kafein melebarkan pembuluh darah di bawah kulit Anda, meningkatkan aliran darah. Ini pada gilirannya menghilangkan selulit berlebih dari permukaan kulit, membuat kulit Anda terlihat lebih rata dan kencang. Anda dapat mencampur bubuk kopi yang baru digiling dengan minyak kelapa organik untuk membuat scrub kopi Anda sendiri di rumah.

Melawan Tanda-tanda Penuaan
Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kopi melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan dan bintik-bintik yang disebabkan oleh hiperpigmentasi. Selain kafein, kopi juga memiliki polifenol, yang merupakan antioksidan kuat juga. Selain itu, CGA dan vitamin B3 dalam kopi melindungi dari peradangan dan meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Exfoliator yang sangat baik
Kopi adalah exfoliant yang efektif, yang dapat mengangkat sel-sel mati dan endapan lain dari permukaan kulit Anda. Ini mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga memberikan kulit Anda cahaya yang sehat. Lulur kopi juga melawan kuman penyebab jerawat serta membantu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata Anda. Untuk hasil terbaik gunakan scrub kopi setiap minggu sekali.

Baca Juga: Delta Strain Covid Dominan Secara Global, Sekarang Menyebar ke 185 Negara: WHO

Perlindungan Dari Kerusakan Sinar Ultra Violet
Terakhir, kopi dapat melindungi Anda dari efek berbahaya sinar UV matahari. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker kulit secara signifikan. Selain itu, mengoleskan ekstrak kopi secara topikal pada kulit Anda juga memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Ekstrak kopi juga dapat menenangkan dan membantu menyembuhkan kulit terbakar.

Kopi Untuk Rambut

Membuat Rambut Anda Lebih Kuat Dan Lebih Cantik
Kopi tidak hanya mengurangi kerontokan rambut, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Kopi meningkatkan sirkulasi darah, yang merangsang folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut. Kafein yang ada dalam kopi membalikkan efek hormon DHT (Dihydrotestosterone). Kelebihan DHT dalam sirkulasi merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rontok. Jadi apakah Anda minum kopi atau menambahkannya ke masker rambut Anda, kopi sangat bagus untuk rambut Anda.

Tingkatkan Tekstur Rambut
Kopi memiliki flavonoid yang meningkatkan penampilan rambut Anda. Mencuci rambut Anda dengan ekstrak kopi yang menenangkan mengunci hidrasi di rambut Anda, yang mengurangi kusam dan keriting. Dengan demikian, rambut Anda terlihat berkilau dan halus.

Tambahkan Warna Gelap Pada Rambut Anda
Jika Anda memiliki rambut berwarna gelap, mencuci kopi yang baik adalah pilihan organik alami untuk menutupi uban Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mencampur jumlah yang dibutuhkan dari biji kopi organik yang baru digiling ke dalam air. Oleskan campuran ini ke rambut Anda setelah mencuci rambut. Biarkan selama 15 hingga 20 menit tergantung seberapa gelap warna yang Anda inginkan. Akhiri dengan mencuci dengan air.

Meskipun memiliki banyak manfaat, Anda harus memperhatikan kerugian dari konsumsi kopi yang berlebihan. Kopi memiliki sifat diuretik yang dapat membuat Anda dehidrasi dan pada gilirannya berdampak buruk pada kulit dan rambut Anda. Terlalu banyak konsumsi kopi juga dapat memengaruhi sistem pencernaan, tidur, dan kesehatan Anda secara umum. Juga, jika Anda mengonsumsi gula dan susu bersama dengan kopi, itu dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Jadi, gunakan dengan bijak untuk kulit bercahaya dan rambut indah.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...