Khasiat Rebusan Jahe, Serai dan Gula Merah

Rabu, 04 Agustus 2021 | 10:14 WIB
google google

RIAU24.COM -  Para ahli menyebut, varian Delta lebih berbahaya dan cepat menyebar dibandingkan varian lain. Hal ini terbukti dengan meningkatnya angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan.

Kondisi tersebut membuat hampir semua rumah sakit (RS) penuh dan peningkatan korban jiwa. Pemerintah pun terpaksa menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Selain itu, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas juga merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh masyarakat, baik yang sudah divaksin maupun belum.

Rebusan serai, jahe, dan gula merah diyakini juga bisa menghangatkan tubuh, ini segudang manfaat rebusan serai, jahe, dan gula merah untuk kesehatan. 

Baca Juga: Sedikitnya 10 Kasus Penggumpalan Darah di Otak Terjadi Setelah Disuntikkan Vaksin Jenis Ini di Singapura

Serai dan jahe sudah lama terbukti sebagai rempah yang berkhasiat untuk tubuh. Sehingga, air rebusan keduanya dianggap dapat membantu meredakan berbagai penyakit.

Agar lebih lezat, Anda pun bisa menambahkan gula merah ke dalam campuran tersebut. 

Khasiat rebusan jahe, serai, dan gula merah antara lain bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi, hingga membantu menyehatkan pencernaan.  

Manfaat rebusan sereh dan jahe sudah digadang-gadang sejak dahulu kala. Namun, biasanya klaim tersebut hanya didasarkan pada cerita turun-temurun. 

Ternyata secara ilmiah, manfaat jahe maupun sereh juga bisa dibuktikan. Berikut ini beberapa khasiat yang bisa didapatkan apabila Anda mengonsumsi keduanya. 

1. Baik jahe maupun serai, merupakan rempah yang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih.

Baca Juga: Perusahaan Biotek China Ini Yakin Jika Vaksin Buatannya Sangat Efektif Melawan Berbagai Varian Virus Corona yang Terus Bermutasi

Radikal bebas sendiri bisa memicu penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, atau penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson.

2. Memiliki sifat anti inflmasi atau peradangan yang biasanya terjadi akibat infeksi bakteri, pola makan yang kurang sehat, hingga alergi.

3. Membantu menurunkan tekanan darah sistolik, menjaga kadar kolesterol, serta dapat membantu menurunkan berat badan.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...