BNPB RI akan Buat Program Khusus Cegah Bencana di Meranti

Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:39 WIB
Saat pertemuan Saat pertemuan

RIAU24.COM -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI dalam hal ini Direktorat Mitigasi Bencana Deputi Bidang Pencegahan, menggelar pertemuan dengan Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, Kamis 26 Agustus 2021.

Baca Juga: Bupati Meranti Minta Makam Ulama Berusia Seabad Lebih dan Kantor LAM Dibenahi

Pertemuan ini terkait kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BNPB yakni, mitigasi antisipasi bencana dengan penyediaan air bersih sehat memanfaatkan curah hujan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.
 
Seperti dijelaskan oleh ketua rombongan Analis Kebijakan Ahli Muda BNPB RI, Amin, kegiatan ini untuk menjawab isu bencana lingkungan yang terjadi di Indonesia, khususnya musim kemarau yang terjadi di Kepulauan Meranti. 

"Jadi jika sebelumnya dalam menghadapi bencana BNPB melaksanakan upaya responsif, kini beralih kepada upaya pencegahan, seperti yang akan dijalankan saat ini," kata Amin.

"Dengan sistem ini, dari hasil penelitian kita sebanyak 20-30 persen air hujan yang turun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih disaat musim kemarau," sambung Amin.
 
Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil menjelaskan, sebagai daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) dengan angka kemiskinan mencapai 28 persen atau termiskin di Riau, Kabupaten Meranti sangat membutuhkan dukungan pusat untuk mendorong pembangunan daerah tingkatkan kesejahteraan masyarakat wujudkan cita-cita bersama Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat.

Baca Juga: Cegah Perdagangan Orang Eksploitasi Seksual Anak, Pemkab Meranti Taja Sosialisasi TPPO

 
"Harapan kita kegiatan ini tidak hanya sekedar ide saja, tapi benar-benar bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, karena maayarakat Meranti memang sangat membutuhkan fasilitas air bersih," ujarnya.**
 

PenulisR24/wira


Loading...
Loading...