Donor Darah Sukarela PMI Reteh, Zulaikhah: Kebutuhan Darah di Inhil 600 Kantong Setiap Bulannya

Kamis, 09 September 2021 | 18:00 WIB
Saat tinjau donor darah Saat tinjau donor darah

RIAU24.COM - Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir kembali menggelar kegiatan aksi Donor Darah Sukarela (DDS), Selasa 7 September 2021 lalu di Kelurahan Pulau Kijang. Aksi Donor Darah ini secara rutin telah dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Baca Juga: Kapolres Inhil Irup Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning 2021

Ketua PMI Kabupaten Indragiri Hilir Hj. Zulaikhah Wardan turun langsung meninjau pelaksanaan Donor Darah Sukarela yang ditaja oleh PMI Kecamatan Reteh tersebut. 

Istri orang nomor satu di Kabupaten Inhil itu mengatakan, jika saat ini masih banyak masyarakat yang sangat memerlukan transfusi darah akibat sakit tertentu, atau bahkan ada ibu yang ingin melahirkan dan harus dilakukan transfusi darah saat hemoglobin atau sel darah merahnya rendah.

"Maka sangat penting uluran tangan dari para relawan pendonor darah. Saat ini di Inhil masih memerlukan rata-rata sebanyak 600 kantong darah setiap bulannya untuk masyarakat yang membutuhkan," ungkap Zulaikhah.

Dirinya juga mengharapkan kegiatan donor darah sukarela seperti ini dapat dijadikan sebagai contoh oleh PMI kecamatan lainnya, sehingga setiap kecamatan akan menghimpun para pendonor dan melakukan aksi di kecamatannya masing-masing dalam bersama-sama menyelamatkan orang lain.

"Ini merupakan suatu inovasi masyarakat yang sangat bagus dan perlu diketahui oleh masyarakat lainnya. Hal seperti inilah yang sebenarnya kita harapkan bahwa semua PMI kecamatan dapat membuat kegiatan sesuai dengan kreasi dan kemampuan di daerah masing-masing," harap Zulaikhah yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Inhil itu.

Selain itu, Bunda Paud Kabupaten Inhil ini juga menyebutkan, bahwa dalam rangka hari Palang Merah Indonesia, PMI Kecamatan Reteh juga bekerjasama dengan kelompok masyarakat Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (Gazebu), yang mana dana yang dikumpulkan digunakan untuk kegiatan sosial seperti membantu pasien leukemia, anak Glgizi buruk hingga perbaikan jalan dan lainnya.

"Terkait dengan donor darah, selama ini pihak Gazebu bersama dr. Iswandi Direktur RSUD Tengku Sulung yang selalu memotivasi masyarakat untuk melakukan donor darah, hingga saat ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap 3 bulan," puji Zulaikhah Wardan.

Sementara itu, Ketua Gazebu H. Jalaluddin (61) pada kesempatan tersebut juga mengaku selama ini sudah 15 kali melakukan donor darah karena merasa bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan serta bermanfaat bagi kesehatan pribadi.

"Kalau yang ada pegal-pegal di tengkuk leher, akan lebih ringan setelah melakukan donor darah," ungkap H Jalal sapaan akrab H Jalaluddin yang mengaku jika Gazebu sudah memiliki 35 orang anggota sukarelawan.

Senada juga dengan dr Iswandi selaku Direktur RSUD Tengku Sulung Pulau Kijang yang menyatakan, bahwa dengan dilaksanakan donor darah secara rutin maka masyarakat sangat terbantu dengan cepat saat dibutuhkan darah di RSUD Tengku Sulung.

Baca Juga: Turnamen Futsal INDOVIZKA CUP III Segera Dimulai, Pertandingkan Tiga Kategori Usia

"Donor darah saat ini diperoleh sebanyak 80 kantong dari masyarakat sebagai pendonor tetap di Kecamatan Reteh. Semoga bermanfaat untuk membantu sesama," ucapnya.

PenulisR24/rgo


Loading...
Loading...