Hati-hati, Ini 4 Efek Samping Jika Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

Jumat, 10 September 2021 | 11:09 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM Garam atau natrium merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai elektrolit, natrium menjaga homeostasis atau keseimbangan yang memungkinkan fungsi tubuh beroperasi dengan lancar dan stabil.

Tapi, jika tubuh mengonsumsi terlalu banyak garam, keseimbangan itu akan hilang dan menyebabkan efek samping.

Lantas, apa saja efek samping jika makan garam berlebihan? Berikut ini penjelasannya seperti dilansir Tempo.co dari eatthis.com.

Baca Juga: Terungkap, Makanan Seperti Ini Ternyata Mampu Membantu Mencegah Infeksi dan Kematian Akibat Covid-19

1. Haus 

Ketika makan sesuatu yang penuh dengan natrium, mulut akan terasa kering bahkan meningkatkan intensitas rasa haus. Hal itu berkaitan dengan kebutuhan tubuh untuk mempertahankan rasio natrium - air yang sangat spesifik. Jika habis berkumur dengan air garam, mulut juga akan terasa kering dan haus. 

2. Bengkak 

Pernah merasa perut bengkak setelah makan sekantong keripik atau makanan cepat saji? Wajar bagi tubuh untuk kembung, atau merasa bengkak, setelah menikmati sesuatu yang tinggi sodium. Itu terjadi karena ginjal berusaha menghemat air untuk mengimbangi natrium ekstra yang dikonsumsi. Bengkak mungkin juga akan muncul di area tubuh lainnya, seperti di tangan dan kaki.

Baca Juga: Tahukah Kamu Jika Kurang Tidur Bisa Bikin Berat Badan Naik, Ini Penjelasannya

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung 

Salah satu kemungkinan efek jangka panjang dari mengonsumsi terlalu banyak garam adalah peningkatan risiko penyakit jantung. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan garam yang tinggi menyebabkan tingkat tekanan darah meningkat.

Maka itu, pembuluh darah dan arteri menyempit. Akibatnya, ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan bahkan kematian dini.

4. Tekanan darah meningkat

Makanan yang tinggi natrium dapat menyebabkan volume darah lebih banyak mengalir melalui pembuluh darah. Namun, fluktuasi kadar ini tidak terjadi pada semua orang setelah makan makanan yang sarat garam.

Konsumsi makanan kaya natrium secara teratur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, jadi pastikan untuk menjaga asupan makanan asin Anda.

PenulisR24/ibl


Loading...

Terpopuler

Loading...