Fenomena Anak Jaman Sekarang, Udah Jam Segini Belum Bisa Tidur, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Jumat, 10 September 2021 | 22:30 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Pravelensi penderita insomnia di Indonesia mencapai angka 10%. Artinya ada sekitar 23 juta jiwa yang mengidap insomnia dari total keseluruhan 238 juta penduduk.

Para peneliti mengemukakan bahwa mendengarkan musik dengan tempo lambat baik bagi penderita insomnia. Karena, jantung dan otak akan dengan sendirinya mengikuti ritme alunan lagu yang didengarkan sehingga akan mudah tertidur.
Baca Juga: Benarkah Vaksin Covid-19 Menyebabkan Perubahan Menstruasi Pada Wanita, Ini Jawaban Para Ahli


Di sisi lain, ada berbagai makanan yang bisa kamu coba untuk membantumu tertidur di malam hari. Salah satunya adalah pisang.

Pisang kaya akan magnesium yang dapat merelaksasi otot-otot tubuh. Pisang juga memiliki senyawa serotonin dan melatonin yang mendorong seseorang untuk terlelap.

Satu sendok makan madu juga mampu menstimulasi tubuh untuk melepaskan melatonin dalam otak dan menonaktifkan oreksin, hormon yang membuat terjaga.
Baca Juga: Dokter Boyke Bolehkan Variasi Hubungan Suami Istri Pakai Sex Toys, Tapi Jangan Sampai Begini

Olahraga yang di lakukan di sore hari dapat melepaskan energi berlebihan yang ada di tubuhmu sehingga kamu akan merasa sangat lelah di malam hari dan siap untuk tidur. Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di antaranya lari, bersepeda hingga berenang.

Beberapa di antara orang yang mengalami susah tidur sedang berada di bawah tekanan atau depresi. Hal ini jugalah yang menduduki posisi teratas sebagai sebab yang paling umum terjadi pada penderita insomnia.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecemasanmu adalah dengan menenangkan diri sendiri, memahami bahwa segala sesuatu tidak bisa kamu tangani dan sadar bahwa sebagai seorang makhluk hidup kita memiliki kekurangan
 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...