Prosesi Pemakaman Unik Rakyat Toraja, Pemakaman Diiringi dengan Tarian

Senin, 13 September 2021 | 08:49 WIB
Saat prosesi pemakaman Saat prosesi pemakaman

RIAU24.COM - Proses pemakaman adalah saat-saat yang sakral. Di mana harus dilaksanakan dalam keadaan yang serius dengan do'a-do'a yang khusyuk.

Baca Juga: Sindikat Pencurian Suami-Istri, Alfamart Indomaret Bersatu Bongkar Barang yang Dicuri

Akan tetapi berbeda dengan tradisi pada masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan. Melalui video di akun TikTok @elbinsalomontoding79, memperlihatkan prosesi pemakaman jenazah yang tak biasa atau yang disebut dengan Rambu Solo

Para warga dan pelayat tampak mengayun-ayunkan peti mati itu ke atas dan ke bawah. Uniknya, pembawa peti yang memakai secara kompak mengenakan pakaian serba hitam dan menggoyang-goyangkan peti di sepanjang jalan. 

Sementara itu, beberapa pelayat lain tampak turut memeriahkan prosesi pemakaman sambil berteriak dan mengelilingi peti jenazah.

Peti jenazah tersebut akan digoyang-goyangkan sebanyak tiga kali sebelum dimasukkan ke dalam miniatur rumah Toraja sebagai tempat peristirahatan terakhir.

Baca Juga: Penampilan Donna Harun Jalan Bareng Dua Anaknya Bikin Pangling, Netizen: Awet Muda

Dilansir dari situs Kemdikbud, pemakaman Rambu Solo adalah ritual pemakaman yang mewah. Biasanya akan terdiri banyak makanan, di antaranya babi dan kerbau yang dapat dinikmati.

PenulisR24/nisa


Loading...
Loading...