Hati-Hati Buat Para Ibu Muda, Belasan Produk Lotion Tubuh Bayi Ternyata Dapat Memicu Alergi Kulit

Kamis, 16 September 2021 | 10:25 WIB
Foto : AsiaOne Foto : AsiaOne

RIAU24.COM - Pengawas konsumen Hong Kong telah mengangkat kekhawatiran tentang keamanan lotion tubuh untuk bayi, setelah penelitian terhadap 40 produk tersebut menemukan bahwa lebih dari setengahnya mengandung bahan kimia yang dapat memicu alergi kulit atau dermatitis pada bayi.

Dewan Konsumen pada hari Rabu mengungkapkan bahwa 22 merek body lotion untuk bayi mengandung alergen wewangian, delapan di antaranya memiliki konsentrasi total yang relatif lebih tinggi dari 0,13 persen menjadi 0,45 persen.

Hydroxyisohexyl 3-cyclohexene carboxaldehyde atau HICC, dan butylphenyl methylpropional (BMHCA) – keduanya bahan pewangi dan sensitiser kulit – dilarang oleh Uni Eropa. Namun, mereka terdeteksi dalam lotion Aveeno Baby, yang memiliki konsentrasi alergen wewangian tertinggi. HICC adalah salah satu bahan kimia paling umum yang memicu alergi kulit pada anak-anak dan terkait dengan terjadinya dermatitis, suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada kulit, sedangkan BMHCA diklasifikasikan oleh UE sebagai racun bagi sistem reproduksi.

Peraturan kosmetik UE mengharuskan produsen untuk mencantumkan zat pewangi dalam daftar bahan produk jika konsentrasinya melebihi 0,001 persen.

“Ini akan menyebabkan alergi kulit dan dermatitis. Bayi akan merasa sangat tidak nyaman dan mungkin tidak bisa tidur atau makan dengan baik. Ini akan mempengaruhi asupan makanan dan nutrisi bayi, dan pada akhirnya pertumbuhannya,” katanya seraya menambahkan bahwa BMHCA juga dapat mempengaruhi fungsi reproduksi dan perkembangan embrio dalam kandungan. Gilly Wong Fung Han, kepala eksekutif dewan tersebut, mengatakan bayi yang terpapar bahan kimia ini pada usia dini dapat mengembangkan reaksi alergi terhadap mereka di masa dewasa.

Baca Juga: Selain Kesehatan, Inilah Alasan Lain Untuk Tidak Makan Pizza dan Burger

Aveeno Baby mengatakan sebagai tanggapan bahwa bahan wewangian lotion mengikuti standar Asosiasi Wewangian Internasional dan persyaratan internalnya. Itu menganggap produknya sesuai dengan hukum Hong Kong dan negara pembuatnya, tetapi akan menggantinya dengan item baru pada November tahun ini.

Para peneliti telah menguji 40 merek body lotion untuk bayi dan balita, 13 di antaranya diklaim cocok untuk bayi baru lahir. Harganya sekitar HK$12 (S$12,10) hingga HK$318 per botol. Enam belas lotion ditemukan mengandung linalool dan/atau limonene, yang membentuk zat yang lebih alergi setelah oksidasi. Sembilan di antaranya beraroma lavender atau dibuat dari bahan-bahan terkait.

Musk sintetis seperti galaxolide (HHCB) juga terdeteksi dalam enam lotion, dengan tiga merek menggunakan konsentrasi yang relatif lebih tinggi yaitu 0,01 persen. Meskipun Cina daratan dan negara-negara Eropa belum menetapkan peraturan yang relevan, HHCB banyak digunakan dalam berbagai produk.

Wong mengatakan wanita yang sedang hamil atau menyusui harus menyadari bahwa bahan kimia dari losion bisa tetap berada di jaringan lemak atau darah setelah digunakan dan ditransfer ke bayi.

Dewan telah menyerahkan hasil uji merek yang diduga melanggar Ordonansi Uraian Dagang ke Departemen Bea dan Cukai.

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan yang Dapat Membantu Anda Menenangkan Nyeri Menstruasi

Studi ini juga menemukan bahwa informasi pelabelan untuk banyak lotion tidak memadai atau tidak konsisten dengan hasil tes. Tiga belas merek dengan 0,001 persen alergen wewangian tidak menyebutkan zat terkait dalam daftar bahan mereka. Delapan mengklaim sebagai "hipoalergenik" tetapi ditemukan dengan alergen wewangian, sementara tiga berlabel "bebas pewangi" ternyata sebaliknya.

Dewan menekankan bahwa pemasok produk bertanggung jawab atas transparansi dan keakuratan label, serta melindungi kesehatan dan keselamatan bayi. Tam mengatakan cara terbaik untuk menghindari alergi yang disebabkan oleh losion adalah dengan memilih losion tanpa pewangi dan mendesak orang tua untuk mewaspadai reaksi apa pun selama aplikasi.

“Bayi sangat sensitif. Mereka mungkin rentan terhadap ruam, atau menderita asma ... jadi saya pikir lebih aman menggunakan [lotion] yang tidak diberi wewangian, ”katanya.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...