Apakah Aman Hanya Mengkonsumsi Diet Cair Saat Mengurangi Berat Badan

Kamis, 23 September 2021 | 09:10 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM - Menurunkan berat badan adalah hal yang tidak mudah. Ini membutuhkan proses yang membutuhkan kerja keras, dedikasi, dan tekad. Ini adalah campuran dari latihan intensif dan pembatasan diet. Seiring dengan itu, diperlukan disiplin yang ketat dan pemantauan seluruh proses. Banyak orang lebih memilih diet yang berbeda untuk mengurangi berat badan.

Beberapa orang mengatakan bahwa diet cair saja membantu dalam menumpahkan kilo ekstra. 

Dilansir dari India.com, Priya Palan, seorang ahli diet di Zen Multispeciality Hospital, yang memberikan tanggapan yang jelas terhadap dilema diet cair.

Dia percaya bahwa satu rencana diet saja tidak dapat memenuhi kedua tujuan dan perjalanan penurunan berat badan bervariasi dari orang ke orang. Jika rencana diet A berhasil untuk satu orang tidak berarti rencana yang sama akan berhasil untuk orang lain. 

Baca Juga: Mengerikan, Inilah 3 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Berolahraga Larut Malam

“Saat kita mengikuti diet/perjalanan penurunan berat badan, semua energi harus seimbang. Peningkatan energi aktivitas fisik seseorang menyebabkan pembakaran lemak berlebih. Sejauh program penurunan berat badan berjalan, akan selalu ada dataran tinggi, titik di mana diet perlu diubah. Itu tergantung pada situasi jika orang tersebut harus mengubah program penurunan berat badan atau membatasi diet kalori. Diet cair disarankan tergantung pada orang dan situasi penurunan berat badan, ”kata Priya.

Penurunan Berat Badan: Apa itu Diet Cair?

Diet yang dalam keadaan cair pada suhu kamar termasuk dalam diet cair. Diet cair sangat tergantung pada kondisi kimiawi orang tersebut. Konsistensi juga berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada orang dan sistem pencernaannya.

Penurunan Berat Badan: Kapan Anda Harus Beralih ke Diet Cair?

Menurut Priya, beralih ke diet cair tergantung pada orang dan kebutuhannya. Untuk mengurangi kalori, jadwal diet yang berbeda harus diikuti dan untuk masalah lambung, bagan diet yang berbeda. Oleh karena itu, itu tergantung pada orang dan kondisi klinisnya.

Apakah Diet Cair Lebih Efektif Dibandingkan Diet Lainnya?

Ahli gizi berkata, “Tidak ada satu diet yang sempurna untuk setiap individu. Selalu ada tampilan individual saat kita berbicara. Seseorang perlu melihat kebutuhan dan kebutuhannya sendiri dan kemudian merencanakan diet yang sesuai.” Dia juga mengatakan bahwa seseorang harus mengikuti kebiasaan makan lainnya dan tidak hanya berpegang pada rencana diet saja. Gaya hidup juga memainkan peran penting dalam perjalanan penurunan berat badan. Mungkin ada saat-saat di mana rencana diet perlu diubah. Namun, diet cair saja mungkin tidak mencapai hasil penurunan berat badan yang sukses.

Baca Juga: 8 Camilan Sehat yang Dapat Anda Kunyah Saat Tengah Malam Tanpa Rasa Bersalah

Apa Positif dan Negatif dari Diet Cair?

Berbicara terlebih dahulu tentang diet cair yang positif membantu seseorang tetap terhidrasi. Ini menyediakan jumlah air dan nutrisi yang baik untuk menjaga seseorang tetap terhidrasi sepanjang hari. Bahkan saat bepergian, alih-alih makan semangkuk, cairan itu mudah dan layak. Ini juga memberi rasa kenyang dan mencegah makan tidak sehat dan junk food.

Dia juga menyatakan efek negatif tentang diet cair. Jika diet cair tidak direncanakan dengan baik, dapat menyebabkan defisiensi mikronutrien. Kekurangan zat gizi mikro berarti kekurangan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih kecil untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang tepat. Diet cair sering menyebabkan penurunan energi tubuh yang akhirnya menyebabkan pusing, lemas, dan kekurangan energi. Oleh karena itu, seseorang perlu memiliki bagan gizi yang seimbang dan lengkap.

Pada akhirnya, ia menyimpulkan dengan mengatakan bahwa diet harus dilakukan di bawah pengawasan dokter atau ahli. Untuk hasil yang tahan lama, pengawasan sangat diperlukan. Dia juga mengatakan bahwa keseimbangan semua nutrisi sangat penting bagi tubuh untuk tetap sehat, cair atau tidak cair!

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...