Ahli Gizi Melarang Keras Masyarakat Makan Mi Instan Campur Nasi, Penyakit Kronis Ini Bisa Mengancam

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 10:10 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM Mi instan sudah jadi makanan favorit masyarakat, selain penyajiannya yang praktis rasanya pun sangat lezat. Tak jarang jika sedang lapar, sering kali mi instan sampai dicampur oleh nasi agar terasa kenyang. Mi instan campur nasi bisa membuat perut yang lapar langsung kenyang, namun anda harus perhatikan loh efek buruknya. Ternyata mencampur mi instan dan nasi tidak dianjurkan, apalagi jika mengkonsumsinya secara sering.

Menurut ahli gizi, seperti dilansir dari PosKota, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. menyebut jika mencampur nasi dengan mi instan dapat menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh.

"Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Ahli gizi Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini juga menjelaskan bahwa konsumsi mi instan berbarengan dengan nasi hanya akan membuat tubuh terisi karbohidrat dan kemudian diubah menjadi gula.

Baca Juga: Ambeien Bisa Sembuh Hanya dengan Tanaman Ini, Tak Perlu Biaya Mahal

Alhasil tubuh malah kehilangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak. Efeknya risiko mengidap diabetes bakal mengintai bagi orang yang gemar makan mie instan dicampur nasi.

"Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah," tuturnya.

Di sisi lain, dr Samuel juga menyarankan agar menghindari memakan mi instan campur nasi putih. Jika dirasa kesulitan untuk melakukannya secara langsung, maka cobalah untuk perlahan menguranginya.

Mie dan nasi diketahui sebagai sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh dan bisa dipilih salah satunya saja dalam sekali makan.

Baca Juga: Kembung Serta Perubahan Suasana Hati, Inilah 2 Tanda Peringatan yang Harus Diwaspadai Jika Ingin Usus Anda Tetap Sehat

Jumlah kalori sebungkus mi pun juga berbeda-beda, umumnya sekitar 350-500 kalori. Jika dilihat dari ukuran rata-ratanya, mi instan yang beratnya 85 gram mengandung:

- 460 kalori
- 18,8 gram lemak
- 9 gram protein
- 66 gram karbohidrat

Sedangkan, jika secentong penuh nasi putih atau sekitar 100 gram, maka kandungannya:
- 175 kalori
- 0,2 gram lemak
- 40 gram karbohidrat

Jelas bahwa kandungan kalori mie instan saja sudah cukup besar. Jadi disarankan agar tidak mencampur 2 makanan itu secara bersamaan demi kesehata tubuh.

dr. Yosephine. S. juga beberkan mi instan merupakan makanan yang tidak mengandung cukup asupan nutrisi. Sehingga jika Anda makan mi instan, alangkah baiknya memasukkan beberapa bahan tambahan seperti telur, ayam, jamur, dll. Jadi kesimpulannya, jika Anda ingin kenyang, Anda dapat mencampur makanan Anda dengan sayur-sayuran. 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...