10 Benda Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya Bagi Hidup Anda

Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:20 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Kita menganggap rumah sebagai tempat berlindung yang aman bagi keluarga dan untuk diri sendiri. Namun yang tidak kita ketahui adalah terkadang benda-benda yang paling biasa tergeletak di sekitar rumah kita bisa menjadi ancaman besar bagi kesehatan kita. 

Pasta gigi pemutih yang memastikan senyum secerah mutiara, sabun tangan antibakteri yang melindungi anak-anak kita dari kuman, dan soda diet yang mengiklankan sosok langsing seperti yang kita kira, ternyata hanya omong kosong.

Baca Juga: Tidak Bisa Menemukan Obat Untuk Mengobati Penyakit Genetik Langka Putranya, Pria Asal Tionghoa Ini Memutuskan Untuk Membuatnya Sendiri



Dilansir dari Bright Side, kami peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan Anda, jadi kami telah menyusun daftar produk rumah tangga yang dapat berbahaya, bersama dengan beberapa opsi yang lebih aman.

1. Efek nyata dari soda diet

Hal pertama yang harus kita hentikan dari diet adalah minuman diet soda. Kita mengandalkan soda diet untuk memudahkan transisi karena kami masih memiliki sesuatu yang manis dan berkafein untuk diminum saat energi kami berkurang. 

Namun, penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi langsung antara minum soda diet dan risiko mengembangkan kondisi kesehatan yang serius, seperti  demensia , obesitas , penyakit kardiovaskular dan  stroke.

Selain itu, alasan utama mengapa kita meminumnya adalah untuk menurunkan berat badan, tetapi minuman jenis ini dapat meningkatkan keinginan kita dan kita bisa berakhir dengan lingkar pinggang yang lebih besar.

Alternatif
Cobalah untuk mengkonsumsi minuman alami. Jika air terlalu hambar untuk Anda, bumbui dengan menambahkan sedikit jus lemon. Jika Anda mendambakan sesuatu yang manis, maka smoothies bisa menjadi penyelamat Anda. Anda bahkan dapat menggabungkan berbagai jenis buah untuk membuatnya lebih menarik.

2. Percikan parfum yang beracun

Sebelum kita meninggalkan rumah, kita terbiasa untuk memercikan parfum favorit. Apa yang tidak kita ketahui adalah bahwa pada dasarnya kita menyemprotkan bahan kimia yang berbau harum— beberapa di antaranya berasal dari minyak bumi—ke kulit kita. Paparan wewangian ini dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat , mulai dari migrain hingga infertilitas. Terlebih lagi, mereka adalah polutan yang terkenal. Jadi, mari berhenti menggunakannya dan lakukan kebaikan untuk diri kita sendiri dan lingkungan!

Baca Juga: 10 Makanan Afrodisiak yang Harus Anda Konsumsi Untuk Meningkatkan Libido


Alternatif
Beralih ke produk yang beraroma minyak alami. Anda dapat membuat parfum bebas racun Anda sendiri.

3. Panci anti lengket sama dengan gas beracun yang tidak diinginkan

Karena sibuk, kota tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk menggosok panci, jadi kita membeli panci anti lengket sebagai solusinya. Kita pikir kita telah menemukan solusi untuk semua masalah kami, tetapi ternyata itu hanya menambahkan yang baru ke dalam kelompok itu. Lapisan pada produk ini mengandung polytetrafluoroethylene . Saat panci terlalu panas, gas beracun , yang bisa bersifat karsinogenik, dilepaskan.

Alternatif

Sangat disarankan untuk menggunakan peralatan masak stainless steel atau besi cor. Anda juga dapat memasukkan semprotan anti lengket alami ke dalam masakan Anda.

4. Penyeka kapas invasif
Kotoran telinga ada karena suatu alasan: itu melindungi saluran telinga kita dari debu dan kotoran. Saat menumpuk, rasanya lengket. Akibatnya, kita mungkin jengkel dan terpaksa menggunakan kapas. Ketika didorong terlalu jauh, dapat merusak struktur halus seperti gendang telinga, dan bahkan menyebabkan gangguan pendengaran.

Alternatif

Pertama, buang atau hapus dari daftar belanjaan Anda beberapa batang cotton bud. Selanjutnya, tidak perlu membersihkan kotoran yang menumpuk di dalam telinga Anda. Namun, jika Anda ingin  membersihkan kotoran dari lubang saluran air, gunakan kain lembab dan berhati-hatilah agar tidak terlalu menekan.

5. Sabun tangan antibakteri yang membunuh "terlalu banyak" kuman

Sejak kecil kita sudah diajarkan tentang pentingnya sering mencuci tangan. Kami tidak akan menyangkal bagian itu, tetapi menggunakan sabun antibakteri bisa "tidak sehat." Pertama-tama, tidak ada bukti nyata bahwa mereka membunuh semua kuman dan seharusnya tidak. Para ahli percaya bahwa beberapa bahan yang ditemukan dalam sabun ini seperti triclosan dapat menyebabkan resistensi antibakteri.

Alternatif

Sabun biasa, air, dan scrub menyeluruh adalah semua yang Anda butuhkan untuk menjaga tangan Anda tetap bersih.

6. Spon mandi, surganya kuman

Bagaimana sesuatu yang terlihat seperti spons laut berwarna-warni bisa berbahaya? Tenunan rumit mereka, yang sangat bagus untuk mengelupas kulit mati, juga menjebak organisme yang tumbuh saat loofah basah. Jadi Anda akhirnya menyebarkannya ke kulit Anda saat berikutnya Anda menggunakannya.


Alternatif

Jika Anda tidak ingin membersihkan dan mengeringkannya setelah digunakan, pilihan yang lebih aman adalah memilih sabun scrub alami.

7. Pasta gigi pemutih dan korosif

Pasta gigi pemutih bekerja dengan menghilangkan noda dangkal pada gigi Anda, sebagian besar disebabkan oleh terlalu banyak minum kopi atau teh. Masalahnya di sini adalah frekuensi Anda menggunakan produk kebersihan ini. Itu bisa menjadi terlalu abrasif dan merusak email gigi Anda atau menyebabkan gigi sensitif.

Larutan

Periksa apakah merek yang Anda gunakan memiliki stempel persetujuan dari organisasi kedokteran gigi yang bereputasi baik dan gunakan bersama pasta gigi jenis lain.

8. Aluminium foil dapat menjadi penyebab di balik penyakit bawaan makanan

Ketika kita menyimpan sisa makanan yang dibungkus dengan aluminium foil, kita tanpa sadar menyimpan bom waktu yang terus berdetak. Beberapa bakteri menyebabkan penyakit bawaan makanan. Ketika udara hadir, bakteri itu tumbuh lebih cepat. Masalah dengan aluminium foil adalah tidak sepenuhnya menutup makanan Anda dari udara.

Alternatif

Gunakan wadah kedap udara. Selain itu, Anda tidak boleh meninggalkan makanan terlalu lama. Masukkan ke dalam kulkas setelah agak dingin.

9. Ucapkan selamat tinggal pada wadah plastik tua

Wadah yang terbuat dari plastik kaku dan memiliki cap “7” atau “pc” (polikarbonat), dapat mengandung BPA (Bisphenol A). Bahan kimia ini mungkin menjadi penyebab beberapa gangguan endokrin mulai dari infertilitas hingga kanker payudara dan prostat.

Alternatif

Saat membeli wadah baru, pastikan wadah tersebut bebas BPA atau pilihlah barang pecah belah dan porselen, yang merupakan pilihan paling aman.

10. Bra usang

Kita semua memiliki bra favorit yang entah bagaimana tidak bisa kita singkirkan. Tapi ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teman lama kita yang "mendukung". Ketika elastis di bra aus seiring waktu, itu sama dengan lebih sedikit dukungan. Ini bisa berbahaya, terutama dalam kasus wanita yang memiliki berat badan berlebih karena dapat menyebabkan sakit punggung.

Selain itu, dapat memperlambat proses alami penuaan pada jaringan payudara. Fakta aneh : payudara kita berubah bentuk dan ukurannya terutama karena fluktuasi berat badan atau perubahan hormonal sehingga bra yang dulunya luar biasa mungkin akan terasa tidak nyaman dan tidak mendukung.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...