Jangan Pernah Lagi Minum Sambil Berdiri Kalau Tak Mau Jantung Anda Mengalami Masalah Besar Ini

Senin, 11 Oktober 2021 | 10:22 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Minum air putih sudah seperti aktivitas yang wajib kita lakukan di setiap harinya. Dengan meminum air putih maka jelas akan membantu melancarkan sistem metabolisme pencernaan dan  juga dapat digunakan sebagai cairan tubuh. Faktanya, manusia memiliki kandungan air di dalam setiap tubuhnya yakni sekitar 60 persen sampai dengan 80 persen dari berat tubuh. Akan tetapi perlu diingat juga nih, apabila ingin minum air putih jangan lupa untuk melakukannya dengan posisi duduk.

Selain memang karena adab, minum dengan posisi duduk juga mempunyai beberapa manfaat yang sangat luar biasa loh. Maka dari itu jangan pernah lagi minum sambil berdiri, karena dilihatnya tak sopan plus mempunyai bahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Ambeien Bisa Sembuh Hanya dengan Tanaman Ini, Tak Perlu Biaya Mahal

Melansir dari akun Instagram @update_kesehatan, berikut 5 bahaya yang bisa ditimbulkan dari minum dengan posisi berdiri:

Rusaknya Sistem Pencernaan

Tenggorokan tanpa diduga-duga bisa mengalami penyempitan dan berkerut saat manusia minum air putih sambil berdiri.Air yang akan langsung masuk ke dalam tubuh kemudian bisa cepat masuk tanpa melewati dinding usus dan mencipratkan ke dinding perut. Dari situlah mulai bisa membuat atau mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan jangka panjang.

Berisiko Timbulkan Penyakit Lambung  

Lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri. Tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung yang dapat menyebabkan GERD atau biasa disebut kenaikan asam lambung.

Kandung Kemih Bisa Terganggu

Minum sambil berdiri dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih tanpa melewati proses penyaringan terlebih dahulu di jaringan ginjal. Kondisi ini mempermudah terjadinya berbagai penumpukan kotoran dalam saluran ureter yang bisa mengakibatkan gangguan saluran kandung kemih.

Baca Juga: Kembung Serta Perubahan Suasana Hati, Inilah 2 Tanda Peringatan yang Harus Diwaspadai Jika Ingin Usus Anda Tetap Sehat
 

Menimbulkan Detak Jantung yang Tidak Beraturan

Ternyata dengan terbiasa minum sambil berdiri bisa beresiko merusak kesehatan jantung karena terganggunya saraf kelana. Saraf kelana dan saraf simpatik adalah simtem saraf yang berhubungan dengan jantung.  Jika kedua saraf ini berefleksi, maka akan berpengaruh juga terhadap detak jantung kita.

Sebabkan Stres dan Disfungsi Saraf  

Minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang dalam keadaan tegang tanpa kita sadari. Maka dari itu bisa menyebabkan saraf-saraf tubuh dalam kondisi stres dan memicu munculnya disfungsi saraf.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...