Tahukah Anda, Inilah 8 Kebiasaan yang Diam-diam Merusak Ginjal Anda

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:05 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM -  Ginjal memainkan peran penting, mereka bekerja 24/7. Ini menyaring darah Anda, membuang limbah, mengontrol keseimbangan cairan tubuh, dan menjaga tingkat elektrolit tetap terkendali. Menariknya, darah tubuh Anda melewati ginjal Anda 40 kali sehari. Itulah mengapa penting untuk merawat ginjal Anda dan menjaganya dengan membuat pilihan yang lebih sehat. 

Berikut adalah 8 kebiasaan umum yang secara diam-diam merusak ginjal Anda: 

Baca Juga: Apakah Anda Berusia 30-an, Ikuti Tips Kecantikan Ini Untuk Menghindari Penuaan Dini

  • Komsumsi berlebihan dengan obat penghilang rasa sakit 
    Obat penghilang rasa sakit yaitu obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) membantu Anda menghilangkan rasa sakit tetapi juga dapat merusak ginjal Anda. Anda harus mengonsumsi obat penghilang rasa sakit secara berlebihan karena dapat berdampak langsung pada ginjal Anda.
     
  • Mengkonsumsi garam secara berlebihan
    Makanan yang tinggi garam atau natrium tidak hanya meningkatkan tingkat tekanan darah tetapi juga berdampak pada ginjal Anda. Anda dapat menambahkan bumbu dan rempah-rempah lain yang akan meningkatkan rasa hidangan Anda.
     
  • Makanan olahan
    Tahukah Anda bahwa makanan olahan mengandung natrium dan fosfor yang tinggi. Anda harus menghindari makanan olahan jika Anda memiliki masalah ginjal.
     
  • Tidak minum cukup air 
    Tetap terhidrasi membantu Anda membersihkan racun dari tubuh Anda, bahkan membantu menghindari batu ginjal. Pastikan Anda mengonsumsi 3-4 liter air agar terhindar dari penyakit ginjal.

Baca Juga: Tahukah Anda, Ternyata Minum Lemon Setiap Pagi Mampu Menurunkan Berat Badan

  • Kurang Tidur
    Tidur membantu meremajakan tubuh Anda. Tidur penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Menurut laporan Times of India , fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.
     
  • Konsumsi gula tambahan
    Gula adalah pembunuh diam-diam dan terlalu banyak gula dalam makanan dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal Anda.
     
  • Merokok 
    Orang yang perokok teratur dapat memiliki protein dalam urin yang merupakan tanda kerusakan ginjal, menurut laporan TOI.
     
  • Alkohol
    Jauhi alkohol karena minum berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Pastikan Anda melakukan perubahan gaya hidup ini untuk melindungi ginjal Anda. 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...