Jika Saja Kita Berjalan 45 Menit Sehari, Mungkin Kasus Kanker Tak Akan Sebanyak Ini

Minggu, 21 November 2021 | 09:20 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Lebih dari jutaan kasus kanker di seluruh dunia dapat dicegah jika hampir semua dari kita berjalan sekitar 45 menit sehari.

Baca Juga: Walau Banyak yang Tak Suka, Manfaat Labu untuk Kesehatan Gak Main-main Lho

Dalam sebuah penelitian baru yang berfokus pada ketidakaktifan dan olahraga, ditemukan bahwa 6.00.000 pria dan wanita di Amerika saja yang terkena kanker, sekitar tiga persen dari mereka sangat terkait dengan ketidakaktifan.

Kita sudah memiliki banyak bukti bahwa olahraga mempengaruhi risiko kanker. Dalam percobaan sebelumnya, aktivitas fisik mengubah sistem kekebalan dengan cara memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan pertumbuhan tumor.

Baca Juga: Apa Itu Angiosarcoma, Kanker yang Renggut Nyawa Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh

Olahraga dapat, misalnya, meningkatkan aktivitas sel kekebalan tertentu yang diketahui menargetkan sel kanker.

Olahraga juga telah dikaitkan dengan kelangsungan hidup yang lebih lama pada orang dengan bentuk kanker tertentu, mungkin dengan meningkatkan kadar zat inflamasi yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah tinjauan tahun 2016 di JAMA Internal Medicine menyimpulkan bahwa risiko kami untuk setidaknya 13 jenis kanker, termasuk kanker payudara, kandung kemih, darah dan dubur, turun secara substansial jika kita aktif secara fisik, dan laporan terpisah tahun 2019 menghitung bahwa pengurangan tersebut bisa sebanyak 69 persen.

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...