Berkat Inisiatif Hyperlocal, Transaksi UMKM Pekanbaru di Tokopedia Naik Hingga Delapan Kali Lipat

Senin, 22 November 2021 | 14:58 WIB
Tokopedia KTP Pekanbaru Peluang untuk berkembang melalui KTP sangat besar. Terlihat dari pertumbuhan transaksi pegiat usaha lokal yang mengikuti program KTP Pekanbaru mencapai hingga lebih dari 8x lipat jika dibandingkan dengan yang belum bergabung (foto/ist) Tokopedia KTP Pekanbaru Peluang untuk berkembang melalui KTP sangat besar. Terlihat dari pertumbuhan transaksi pegiat usaha lokal yang mengikuti program KTP Pekanbaru mencapai hingga lebih dari 8x lipat jika dibandingkan dengan yang belum bergabung (foto/ist)

RIAU24.COM - Inisiatif Hyperlocal Tokopedia suda diluncurkan pada pertengahan 2020. Dan kini terus mendorong pemerataan ekonomi digital di berbagai daerah, termasuk di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (22/11/2021).

Hal itu disampaikan Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, menyebut kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Elektronik, Rumah Tangga, HP dan Gadget, serta Olahraga dan Hobi menjadi beberapa kategori paling favorit di Pekanbaru selama kuartal III 2021. Peningkatan penjualan di Pekanbaru turut didorong oleh sederet inisiatif turunan Hyperlocal. Salah satunya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

"Peluang untuk berkembang melalui KTP sangat besar. Terlihat dari pertumbuhan transaksi pegiat usaha lokal yang mengikuti program KTP Pekanbaru mencapai hingga lebih dari 8x lipat jika dibandingkan dengan yang belum bergabung,” lanjut Head of RGX Tokopedia, Trian Nugroho.

Baca Juga: Danau Bandar Kayangan Kota Pekanbaru Ikut Terkena Dampak Pandemi Covid-19

 
Leni Snacks, satu di antara UMKM makanan ringan asal Pekanbaru yang alami peningkatan transaksi sebab mengikuti program KTP. “Bahkan kami mampu mengirim hingga 600 pesanan setiap bulannya,” ujar Leni, Pemilik Leni Snacks.
 
Leni juga memberdayakan masyarakat sekitar dalam pembuatan makanan ringannya. “Kami memberdayakan para ibu di sekitar tempat tinggal yang membutuhkan pekerjaan agar dapat membantu memulihkan perekonomian keluarga mereka. Kami memanfaatkan bahan baku, seperti singkong dan kentang, dari petani lokal," sebut Leni.
 
Program KTP sendiri sudah hadir di berbagai kota di Indonesia yang juga menjadi fokus Hyperlocal Tokopedia, yaitu Pekanbaru, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Makassar dan akan terus bertambah di banyak kota lainnya.

Baca Juga: Kadisnaker Sebut Perusahaan di Pekanbaru Mulai Terapkan UMK Rp3.049.675 Januari 2022

 
“Tokopedia berharap inisiatif seperti ini bisa membuat UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama dalam mengembangkan usahanya,” sebut Trian.
 
Berbagai inisiatif turunan Hyperlocal tidak hanya mempermudah UMKM lokal, tetapi juga membantu masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan. Salah satunya melalui Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal yang rutin diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan.
 
Kampanye yang disesuaikan dengan masing-masing daerah ini memudahkan masyarakat di berbagai wilayah, termasuk Pekanbaru, dalam mengakses produk kebutuhan dari penjual terdekat dengan beragam penawaran sehingga bisa lebih efisien dalam berbelanja.
 
Masyarakat juga bisa lebih mudah memenuhi kewajiban perpajakan lewat Tokopedia. Layanan PBB online di Tokopedia sudah dapat dinikmati masyarakat di lebih dari 160 kota/kabupaten di Indonesia. “Pembayaran PBB melalui Tokopedia di Pekanbaru meningkat lebih dari 3x lipat pada kuartal III 2021 dibandingkan dengan kuartal III 2020,” ungkap Trian.
 
“Fitur pembayaran PBB online ini dapat mempermudah dan mempersingkat proses administrasi masyarakat dalam pembayaran pajak. Kami juga berharap inovasi ini dapat memaksimalkan potensi penerimaan negara agar kita dapat #BangkitBersama memulihkan ekonomi,” tutup Trian. (Rls)

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...