Apa Itu Angiosarcoma, Kanker yang Renggut Nyawa Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh

Minggu, 05 Desember 2021 | 22:23 WIB
Virgil Abloh Virgil Abloh

RIAU24.COM - Pada 28 November, Virgil Abloh, seorang desainer terkenal sekaligus direktur artistik fashion pria di Louis Vuitton, meninggal pada usia 41 di Chicago setelah pertempuran dua tahun dengan angiosarcoma jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengejutkan Untuk Tubuh Jika Anda Sering Berjalan Setelah Makan Malam

Pertama kali dijelaskan oleh dokter pada tahun 1934, angiosarcoma jantung adalah bentuk kanker langka yang menyebabkan sel-sel di dalam pembuluh darah jantung berkembang biak dan membentuk tumor. 

Kanker ini adalah bagian dari keluarga besar kanker yang disebut sarkoma, yang mempengaruhi jaringan ikat yang mendukung dan mengelilingi bagian lain dari tubuh, termasuk otot, lemak dan pembuluh darah.
Baca Juga: Tahukah Anda, Dua Herbal Ini Ternyata Memiliki Sifat Anti-Kanker

Angiosarcoma adalah sejenis sarkoma yang secara khusus menyerang sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan angiosarcoma jantung adalah angiosarcoma yang terjadi di dalam atau di sekitar jantung.

Angiosarkoma jantung yang dimulai di jantung dikenal sebagai angiosarkoma jantung primer, sedangkan kanker yang terbentuk di tempat lain dan kemudian menyebar ke jantung adalah angiosarkoma jantung sekunder.

Angiosarcoma bersifat agresif dan juga dapat menyebar, atau bermetastasis, ke bagian tubuh lain, termasuk paru-paru, hati, dan sumsum tulang.

Angiosarkoma jantung sulit untuk diidentifikasi karena penderitanya sering kali tidak memunjukkan gejala, atau mereka hanya gejala yang tidak jelas seperti sesak napas atau mudah kelelahan saat aktivitas fisik. 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...