Banjir di Rokan Hulu Riau Surut, tapi Warga Waspada Banjir Susulan dan Petugas Gabungan TNI - Polri Bersiaga

Minggu, 12 Desember 2021 | 19:39 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Banjir melanda Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau sejak Jumat, 10 Desember 2021. Hari ini, terpantau banjir telah surut.

Namun demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaporkan saat ini warga desa setempat masih mewaspadai adanya banjir susulan.

Baca Juga: Bupati Rokan Hulu Dukung IMPPAK Tuntut Beasiswa dari Dana CSR PT SJI Nusa Coy


"Kewaspadaan ini tidak terlepas dari prakiraan cuaca hingga dua hari ke depan yang berpotensi berawan, hujan ringan hingga hujan petir. Pada Minggu ini, Kecamatan Kabun masih berpeluang hujan ringan hingga hujan petir," kata Plt. Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu, 12 Desember.

Menyikapi banjir dua hari lalu, BPBD dan petugas gabungan dari TNI, Polri, relawan dan aparat kecamatan dan desa bersiaga untuk mengantisipasi apabila terjadi evakuasi warga.

Selain itu, Abdul Muhari mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga, khususnya jelang puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari 2022.

Baca Juga: Puluhan Pelaku Usaha di Rohul Ikuti Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko


"Berdasarkan kajian bahaya inaRISK, Kecamatan Kabun merupakan salah satu kecamatan dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 16 kecamatan di Kabupaten Rohul yang berada pada potensi bahaya tersebut," ungkap dia.

Seperti diketahui, banjir di Desa Aliantan, Rokan Hulu, terjadi setelah hujan lebat yang menyebabkan debit Sungai Aliantan meluap dan berdampak pada 93KK.

Tinggi muka air saat terjadinya banjir berkisar 50 sampai dengan 100 sentimeter. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun warga mengungsi akibat peristiwa tersebut.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...