Mengenal Nasi Komando, Makanan Legenda Para Calon Tentara Buat Melatih Fisik dan Mental

Jumat, 07 Januari 2022 | 09:12 WIB
Grid Hot - Grid.ID Grid Hot - Grid.ID

RIAU24.COM -  Dalam pendidikan militer TNI, prinsip dasar yang diterapkan adalah membentuk prajurit yang siap diterjunkan dalam kondisi apapun dan kapanpun. Untuk menjadi prajurit yang perkasa pastinya ada makanan yang bisa membuat stamina para prajurit itu stabil, berikut beberapa[ ulasan untuk mengenali tentang nasi komando :

1. Nasi Komando, menu wajib calon perwira.

Menu tersebut adalah nasi komando yang melegenda. Seperti jadi sebuah kewajiban, bagi para calon perwira wajib untuk memakan makanan ini dan juga harus habis. Hal tersebut juga dianggap sebagai sebuah latihan dasar sebelum benar-benar menjadi seorang prajurit. Pada awalnya, banyak yang tidak tahan untuk menghabiskan nasi komando ini, namun lama kelamaan semua prajurit sudah mulai terbiasa. Apalagi, ditambah kelelahan dan lapar yang dihadapi setelah melakukan latihan panjang. 

2. Apa isi dari nasi komando?

Dilansir dari laman Merdeka, isi dari nasi komando ini adalah nasi yang diblender, lauk pauk, telur mentah, dan beberapa bahan lainnya. Semua harus diaduk menjadi satu kemudian dimakan oleh calon perwira. Jadi jangan bayangkan rasanya, pasalnya banyak calon prajurit yang sempat tak bisa memakannya. Namun karena didorong oleh rasa lapar, lama- kelamaan nasi komando jadi santapan paling nikmat, karena tak ada makanan lain yang bisa dimakan. 

3. Sebagai latihan dasar membentuk tentara.

Baca Juga: Ernest Prakasa Beri Ide Hukuman yang Pantas untuk Bupati Langkat: Dikerangkeng Berdua sama Yayan Ruhian

Namun, tidak semua bisa langsung terbiasa memakannya. Hal ini sebenarnya jadi sebuah latihan juga buat para calon prajurit. Pasalnya, kelak mereka akan ditempatkan di mana saja, tak terkecuali di hutan belantara. Meskipun kadang rasa makanan yang ditemukan sangat tidak cocok dengan lidah, namun harus dilakukan supaya bisa bertahan. Jangan lupa, selain nasi komando biasanya para tentara juga disuguhi jamu brotowali untuk melatih lidah mereka.

4. Ada hukuman buat yang tidak menghabiskan nasi komando.

Pasalnya kalau sampai tidak habis, maka akan ada hukuman yang diberikan. Hukumannya tentunya ala militer juga, seperti dipukul ringan dengan batang kayu hingga hukuman fisik seperti lari dan sit up. Oleh sebab itu, tak jarang ketika ada calon perwira yang mau muntah, temannya akan datang menyemangati dengan memberi tepuk tangan hingga menyorakinya. Ternyata bukan hanya melatih mental, namun juga masalah kekompakan antara masing-masing anggota.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai makanan komando ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @top5_id (01/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

@sstarburst._ :” aku bacanya nasi komodo ???? “

Baca Juga: Rumah-rumah Terbakar Akibat Kerusuhan di Pulau Haruku Maluku Tengah, Netizen: Ngeri ya Tinggal Disana

@j.s.hrs :” Dan hal seperti ini diterapkan di pramuka ???????? “

@ptu_siwaaa :” Soryy, jamu brotowali itu jamu apa ya? Baru denger sekarang soalnya “

@p.emaknyararadiazvito :” Ini baru dididik dengan disiplin la wong penjaga keamanan negara la wong cm kuliah biasa kok pake digebugin.. “

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...