Wujud Kapal Titanic, Lebih dari 100 Tahun Setelah Tenggelam

Senin, 10 Januari 2022 | 10:09 WIB
WallpaperBetter WallpaperBetter

RIAU24.COM -  Sektar 14 tahun lalu, penyelaman untuk tujuan penelitian pada bangkai kapal ini kembali dilakukan oleh sekelompok tim internasional.

Hasilnya, ada perubahan besar pada bangkai kapal ini, seperti beberapa bagian kapal yang hilang, termasuk bagian geladak kapten yang seluruh sisinya sudah hilang. Hal ini ternyata dinilai wajar, lo, oleh para ahli, termasuk Pak Parks Stephenson, seorang sejarawan yang ikut dalam penyelaman. Beliau mengatakan kalau secara perlahan kapal Titanic akan hilang seutuhnya.

Ternyata hal ini disebabkan oleh adanya bakteri atau mikroba pemakan logam yang memakan habis seluruh bagian Titanic, menurut Clare Fitzsimmons, seorang ilmuwan dalam ekspedisi itu. Mengutip dari BBC, ternyata ada banyak mikroba di bangka kapal yang terus menggerogoti besi bangkai kapal Titanic, nih, teman-teman.

Dari penelitian yag dilakukan pada 2018 lalu, bakteri pemakan besi yang ada di bangkai kapal Titanic berjenis Halomonas titanicae. Bakteri ini terus memakan besi dan logam kapal, lo, sehingga bisa menghancurkan Titanic dalam beberapa puluh tahun ke depan.

Baca Juga: Debat Panas Soal Kepiting, Ustaz Asal Indonesia Ini Langsung Disegani Ulama Masjidil Haram

Namun menghilangnya bangkai Titanic secara keseluruhan tidak hanya disebabkan oleh adanya bakteri dan mikroba pemakan besi saja, lo. Erosi yang berasal dari air asin dan arus laut yang sangat kuat juga berperan pada habisnya atau bangkai kapal Titanic yang menghilang seluruhnya.

Menurut NOAA atau Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, Titanic adalah salah satu bangkai kapal yang harus dilindungi, teman-teman. Bahkan pihaknya mengeluarkan aturan bahwa situs Titanic tidak bisa dikunjungi untuk keperluan wisata. Ini artinya Titanic hanya boleh dikunjungi untuk keperluan pendidikan dan ilmiah seperti penelitian.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai wujud kapal tetanic ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @seputar.netizen (08/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

@lugudz_3 :” Masuk akal “

@vicky.tds :” Bntr lg bakal ilang tuh bangkainya “

@jatmiko_joyoprawiro :” Tempat si jack begaya terbang sama pacarnya dah hilang ???? “

Baca Juga: Demam dan Kejang Usai Divaksin, Siswa SD di Deli Serdang Meninggal Saat Dirawat di RS

@fernando_os88 :” Klw kalian tidak percaya pemakan besi... Tonton spongebob.... "kalian masih lapar? Lapar lapar lapar lapar lapar.... Kalian haus? Haus haus haus haus haus.... “

PenulisR24/anto


Loading...

Terpopuler

Loading...