Tahukah Anda, Makan Buah Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Senin, 10 Januari 2022 | 15:04 WIB
Foto : IndiaTimes.com Foto : IndiaTimes.com

RIAU24.COM -  Ngemil buah anggur dapat menurunkan risiko serangan jantung atau stroke, ungkap sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti UCLA.

kolesterol anggur

Untuk penelitian ini, para peneliti melihat mikrobiota dari 19 centenarian berdasarkan sampel tinja mereka. Mereka menjalani diet rendah serat selama empat minggu. Selama empat minggu berikutnya mereka diberi 46 gram bubuk anggur per hari selama empat minggu bersama dengan diet rendah serat dan polifenol. 

Baca Juga: Paksa Wanita Tidak Menuntut Mahar yang Banyak Jika Siklus Haid Tidak Teratur, Ustaz Ini Tuai Kritik Pedas Dari Netizen

Para peneliti mengumpulkan sampel tinja dan urin sebelum dan pada akhir periode suplementasi kekuatan anggur. Setelah empat minggu konsumsi anggur, terjadi peningkatan keragaman mikroba.

Para peneliti melihat peningkatan bakteri menguntungkan, dengan dimasukkannya Akkermansia - bakteri yang diketahui memiliki efek menguntungkan pada metabolisme glukosa dan lipid serta pada integritas lapisan usus. 

Mereka juga melihat penurunan kolesterol darah -- kolesterol total turun 6,1 persen dan kolesterol lipoprotein densitas rendah turun 5,9 persen. Bahkan asam empedu turun 40,9 persen. 

 

anggur

Penulis utama Profesor Zhaoping Li, dari University of California, Los Angeles, mengatakan, "Kami menemukan anggur memiliki efek menguntungkan pada bakteri usus, yang merupakan berita bagus, karena usus yang sehat sangat penting untuk kesehatan yang baik."

Baca Juga: Khawatir dengan Efek Samping Vaksin COVID-19 dengan Penyakitnya, Rumah Sakit Tolak Berikan Pria Ini Transplantasi Jantung

Li menambahkan, “Studi ini memperdalam pengetahuan kita dan memperluas jangkauan manfaat kesehatan dari buah anggur. Ini memperkuat manfaat kesehatan jantung dari anggur, yang termasuk menurunkan kolesterol.”

 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...