Cara Tepat Mengonsumsi Madu Agar Dapat Manfaat Penuh

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:15 WIB
ilustrasi/net ilustrasi/net

RIAU24.COM - Madu mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan gangguan autoimun.

Baca Juga: Sulit Tidur? Coba Teknik Militer Ini, Dijamin Terlelap Dalam 2 Menit

The American Heart Association merekomendasikan agar pria mengkonsumsi tidak lebih dari sembilan sendok teh (36 gram) per hari; sementara wanita dan anak-anak, tidak lebih dari enam sendok teh (24 gram) per hari.

Dokter menyarankan mengonsumsi madu saat perut kosong di pagi hari, karena memberikan dorongan energi instan yang cukup untuk sepanjang hari. 

Baca Juga: Diet Mediterania Terkait Dengan Risiko Kematian yang Lebih Rendah pada Orang Dewasa yang Lebih Tua, Ungkap Studi

Mengkonsumsi 1 hingga 2 sendok teh madu saat perut kosong juga diyakini mampu meredakan rasa sakit dan membantu proses penyembuhan.

Juga sebelum tidur, karena sesendok madu tidak hanya memberikan tidur malam yang nyenyak tetapi juga membantu pencernaan dan relaksasi pikiran dan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi madu sesaat sebelum tidur membantu otak Anda melepaskan melatonin, hormon yang digunakan tubuh Anda untuk memulihkan diri saat tidur.

Namun harus diingat, madu merupakan salah satu bentuk gula, maka madu dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...