Studi Mengungkapkan Inilah Sederet Makanan yang Mampu Bekerja Sebagai Obat Penurun Kolesterol

Kamis, 27 Januari 2022 | 09:04 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Menurut sebuah studi baru, individu yang telah menggunakan makanan sebagai pendekatan obat lebih efektif dan bekerja dengan baik untuk mengurangi kadar kolesterol. Itu tidak memerlukan perubahan gaya hidup yang drastis. Studi tersebut telah dipublikasikan dalam 'Journal of Nutrition'.

“Berdasarkan hasil yang terlihat dalam penelitian kami, menggunakan jenis makanan ini sebagai pendekatan obat memperluas pilihan bagi para profesional medis dan pasien,” kata Stephen Kopecky, MD, FACC, ahli jantung dan Direktur Klinik Intoleransi Statin di Mayo Clinic. 

Baca Juga: Lidah Buaya Disebut Mampu Menyuburkan Rambut, Benar Ga Ya ??

“Banyak pasien yang tidak mau atau tidak mampu menggunakan obat statin mungkin dapat membantu mengelola kolesterol tinggi mereka, atau hiperlipidemia dengan intervensi berbasis makanan yang realistis,” tambahnya.

Mengganti hanya sebagian kecil dari apa yang pasien hiperlipidemia makan dengan Step One Foods (sistem makan dosis dua kali sehari dengan produk yang diformulasikan secara tepat untuk membantu menurunkan kolesterol LDL), para peneliti menemukan pengurangan kolesterol yang cepat dan sangat signifikan.

Baca Juga: Tak Sengaja Menelan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Terpaksa Menjalani Operasi

Pada akhirnya, peserta melihat rata-rata 9 persen penurunan kolesterol LDL (jahat) dalam waktu 30 hari, dengan beberapa mengalami penurunan kolesterol LDL lebih dari 30 persen.

Studi internasional multicenter yang hidup bebas yang pertama ini dilakukan di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota dan Richardson Center di University of Manitoba di Winnipeg, Manitoba. Penelitian yang mengikuti desain crossover acak, double-blind, dilakukan oleh Soumya Alias, University of Manitoba; Peter JH Jones, Richardson Center for Functional Foods and Nutraceuticals; Elizabeth Klodas, MD, pendiri dan Kepala Petugas Medis Step One Foods dan Stephen L. Kopecky, MD, Mayo Clinic.

Selama fase intervensi, peserta makan berbagai macam makanan ringan berbasis makanan utuh dari Langkah Satu Makanan – mulai dari cokelat batangan hingga smoothie pisang stroberi – yang seluruhnya terbuat dari bahan asli, seperti kenari, dan diketahui berdampak positif terhadap profil kolesterol. Makanan studi ini secara khusus diformulasikan untuk memberikan ringkasan nutrisi dari serat makanan utuh, sterol, asam lemak omega 3 ALA dan antioksidan. Peserta diinstruksikan untuk mengonsumsi makanan ringan ini sebagai ganti makanan serupa yang sudah mereka konsumsi.

Para peneliti juga membandingkan hasil Step One Foods dengan merek toko kelontong terkemuka yang sebanding yang dianggap makanan "lebih baik untuk Anda". Setiap peserta mengkonsumsi merek-merek terkemuka ini selama 30 hari. Tidak ada pengurangan kolesterol yang terlihat selama fase penelitian ini.

“Nutrisi berkontribusi pada 5 dari 7 faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk penyakit jantung, tetapi membuat pasien mengubah pola makan sangat menantang,” kata Elizabeth Klodas MD, FACC.

“Studi ini menggarisbawahi apa yang mungkin terjadi ketika kita berhasil. Implikasi dari mencapai dampak kolesterol yang signifikan dari intervensi berbasis makanan kecil s

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...