PTPN V Salurkan 1,7 Ton Sembako Perkuat Ketahanan Pangan Masyarakat

Sabtu, 12 Februari 2022 | 09:03 WIB
Saat penyerahan sembako secara simbolis pada Pemerintah Kabupaten Kampar Saat penyerahan sembako secara simbolis pada Pemerintah Kabupaten Kampar

RIAU24.COM - PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan sedikitnya 1,7 ton bahan pangan terdiri dari beras, minyak goreng, hingga gula sebagai upaya membantu Pemerintah Kabupaten Kampar dalam memperkuat ketahanan pangan masyarakat di kabupaten berjuluk Bumi Sarimadu, Provinsi Riau tersebut. Bantuan tersebut juga disalurkan berbarengan dengan momentum hari ulang tahun kabupaten Kampar yang ke-72.

Baca Juga: Rozita, Ketua Perhumas Pekanbaru Raih Penghargaan Pejabat Berprestasi dari Gubernur Riau

Senior Executive Vice President Business Support PT Perkebunan Nusantara V, Rurianto di Pekanbaru, Sabtu (12/2/2022) mengatakan penyaluran bantuan sembako itu juga merupakan respon anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) tersebut akan tren peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau akhir-akhir ini. 

"Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat kepada masyarakat khususnya Kabupaten Kampar karena di tengah upaya pemerintah untuk meningkatkan angka vaksinasi, di sisi lain jumlah terkonfirmasi juga kembali menunjukkan tren peningkatan," katanya. 

Berdasarkan data yang diterbitkan Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau, tercatat sebanyak 220 kasus terkonfirmasi Covid-19 pada 9 Februari 2022 kemarin. Dari data tersebut, Kabupaten Kampar menempati posisi kedua angka terkonfirmasi tertinggi setelah Kota Pekanbaru. 

Untuk itu, Rurianto berharap sembako yang disalurkan tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk setidaknya mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga upaya pemerintah dalam menekan angka penularan bisa tercapai. 

"Kami sadari bahwa Covid-19 telah menggoyahkan sendi-sendi kehidupan. Kita terbukti berhasil menekan angka penularan signifikan pada tahun lalu. Itu tercapai karena kerjasama semua pihak. Sekarang ini adalah saatnya kita untuk kembali lagi bergandengan tangan. Dan hari ini adalah bentuk komitmen untuk senantiasa hadir, memberikan kontribusi agar kita bisa dapat normal kembali," jelasnya. 

Bantuan sembako itu sendiri diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Perkebunan dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Usaha Perkebunan, Idrus. 

Mewakili Pemkab Kampar, Idrus menyampaikan apresiasinya terhadap PTPN V yang telah membantu program sosial pemerintah setempat dengan menyalurkan bahan pangan. 

PTPN V tercatat menjadi salah satu perusahaan yang cukup aktif menyentuh langsung masyarakat melalui bantuan bahan pangan, maupun peningkatan ekonomi melalui pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah sepanjang wabah Covid-19 melanda sejak 2019 silam. 

Selain itu, perusahaan turut berkomitmen mendukung upaya pemerintah dengan menyalurkan bantuan peralatan kesehatan mulai dari alat pelindung diri, hingga puluhan ribu masker. Tidak hanya berhenti di sana, PTPN V turut mengakselerasi vaksinasi masyarakat di sekitar unit lokasi usaha. 

Baca Juga: PHR Kontribusikan Rp40,8 Triliun Penerimaan Negara

"Langkah itu semata-mata untuk mendukung pemerintah mewujudkan Indonesia mencapai ketahanan komunal atau herd immunity dan kembali membangkitkan ekonomi," ujar Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...