Tips Mengatasi Masalah Bibir Kering saat Berpuasa

Senin, 04 April 2022 | 10:49 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Masalah bibir kering sering terjadi saat berpuasa akibat hidrasi atau rendahnya kandungan cairan dalam tubuh.

Berbeda dengan bagian kulit lainnya, bibir sangat sensitif terhadap kelembaban yang kurang dan hal ini juga berpengaruh pada kondisi bibir yang tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, kulit bibir 15 kali lebih tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bagaimana cara agar tetap lembab selama Ramadhan?

1. Minum banyak air putih saat sahur dan buka puasa

Cara terbaik mengatasi bibir kering adalah dengan menjaga kelembapan tubuh secara alami dengan minum banyak air. Dengan air yang cukup terutama air putih - lebih mudah diserap oleh tubuh dan tubuh tetap terhidrasi dan mencegah bibir menjadi kering.

2. Buah dan sayur

Tak hanya air putih, buah dan sayur juga bisa menjadi sumber cairan bagi tubuh. Tidak hanya baik untuk bibir kering, tetapi juga menambah vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan.

3. Pelembab bibir

Gunakan pelembab bibir dari petroleum jelly atau lip balm. Pilih pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan yang aman bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Pelembab bibir mampu membuat bibir tidak menjadi kering atau pecah-pecah selain melembabkan bibir saat berpuasa.

4. Hindari kebiasaan menjilat bibir

Hindari kebiasaan menjilat bibir untuk melembapkannya. Ini justru akan menyebabkan bibir menjadi lebih kering. Ini karena air liur mengandung asam yang bisa menyebabkan iritasi pada bibir. Selain itu, menjilat bibir juga bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kulit.
 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...