Jangan Konsumsi Telur Berlebihan Jika Tak Ingin Alami Ini

Rabu, 04 Mei 2022 | 23:14 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Mengonsumsi telur terlalu banyak dipercaya dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Ini sebab kandungan kolestrol dalam kuning telur sangatlah tinggi.

Satu kuning telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol, sedangkan tingkat yang disarankan hariannya tidak lebih dari 300 mg per hari.

Tetapi, penelitian terbaru membuktikan bahwa kolestrol yang kita dapat dari makanan tidak terlalu berpengaruh dengan jumlah total kolestrol di dalam tubuh.

Faktanya, lemak jenuh yang ada di makanan lah yang meningkatkan jumlah kolestrol dalam tubuh.

Karena nya, apabila dihadapkan dengan pertanyaan berapa banyak jumlah telur yang aman dikonsumsi setiap harinya? Tidak ada jawaban spesifik.

Namun, penelitian menujukkan bahwa orang yang dalam kondisi sehat dapat mengonsumsi telur hingga tujuh butir dalam satu minggu.

Apabila kamu tidak mengalami kondisi kesehatan di mana kamu dilarang mengonsumsi telur, kamu bisa konsumsi hingga tiga butir per hari nya.

Tentu saja telur sangat bergizi, namun seperti saran yang selalu dipakai hingga kini, tidak ada sesuatu apa pun yang baik jika dilakukan berlebihan.

Artinya, meskipun bergizi, mengonsumsi telur sebanyak-banyaknya tidaklah sehat.

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari, terutama di musim panas, dapat menyebabkan penumpukan panas dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada buang air besar bahkan diare.

Maka dari itu, kita selalu disarankan untuk makan makanan apa pun dalam jumlah sedang. Ingat, terlalu banyak makanan sehat juga dapat merusak kesehatan itu sendiri.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...