Suka Ngiler saat Tidur? Jangan Sedih karena Ini yang Terjadi Pada Dirimu

Jumat, 06 Mei 2022 | 12:32 WIB
google google

RIAU24.COM -  Ngiler atau mengeluarkan air liur saat tidur memang terlihat jorok dan menjijikkan tapi ternyata ngiler itu menandakan kualitas tidur yang baik.

Setiap manusia butuh tidur nyenyak agar badan terasa nyaman, segar dan bugar. Orang yang tidak bisa tidur nyenyak akan menjumpai kelelahan yang sangat menjengkelkan.

Hal itu tentu dapat mengganggu kesehatan. Terkadang tubuh kita membuat siklus tidur baru dengan tidur di meja belajar, meja kerja bahkan saat berada di dalam bus.

Baca Juga: Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Makan Telur, Bisa Panjang Umur Lho...

Setelah bangun tidur, mungkin Anda kaget karena sudah banjir air liur alias ngiler. Memang kelihatannya sangat menjijikkan tapi hal tersebut menunjukkan hal positif pada tubuh.

Ngiler adalah sebuah pertanda bahwa tubuh Anda telah berhasil istirahat dengan baik. Hal ini mengacu pada beberapa fase tidur atau bisa dikenal dengan istilah REM (rapid eye movement).

Fase ini terjadi pada menit 70-90 pertama setelah kita tidur dan akan terulang kembali 90 menit pada tiap tahapan. Nah, pada saat itulah, Kamu yang sedang tertidur melewati periode mimpi.

Tidur dalam fase REM ini sangat penting, untuk menjaga tubuh agar berfungsi secara optimal. Hal itu dikarenakan, otak berusaha menjaga kita tetap tertidur dengan cara tidak mudah terbangun oleh suara-suara sekitar yang bisa merusak tahapan tidur.

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Klinis Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi, Kambing dan Babi

Dengan demikian, saat Kamu ngiler, berarti fase REM Kamu tidak terganggu, dan berarti Kamu tidak memiliki masalah tidur atau mengalami gangguan saat tidur.

Agar tubuh senantiasa sehat dan bugar, sebaiknya cukupi istirahat, makan makanan bergizi, rutin olahraga dan terapkan pola hidup sehat.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...