Jangan Kurang atau Kebanyakan, Peneliti Menemukan Durasi Tidur Ideal Usia Paruh Baya

Sabtu, 07 Mei 2022 | 21:47 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Tidur berperan dalam menjaga kesehatan psikologis dan besar kontribusinya dalam mengaktifkan fungsi kognitif. Selain itu, tidur juga menjaga kesehatan otak serta detoksifikasi. Namun, seiring bertambahnya usia, pola tidur berubah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Fudan, tidur enggak boleh kebanyakan atau kurang.

Mengutip SciTech Daily, Barbara Sahakian mengatakan bahwa tidur nyenyak penting dalam semua tahap kehidupan. Terlebih dengan bertambahnya usia, kualitas dan kuantitas tidur perlu betul-betul diperhatikan. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Aging, peneliti meneliti hampir 500.000 orang dewasa usia 38-73 tahun. Peserta ditanya tentang pola tidur, kesehatan mental, kesejahteraan hidup, dan mengikuti serangkaian tes kognitif.

Baca Juga: Tak Sengaja Menelan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Terpaksa Menjalani Operasi


Peneliti menemukan, tidur kurang atau berlebihan berkaitan dengan gangguan kinerja kognitif. Seperti kecepatan memahami, perhatian visual, memori, dan keterampilan memecahkan masalah. Menurut peneliti berdasarkan data yang didapat, tidur tujuh jam per malam adalah jumlah tidur yang optimal untuk kinerja kognitif dan kesehatan mental yang baik. Sedangkan kesejahteraan yang buruk, dilaporkan dialami ketika tidur lebih lama atau lebih pendek.

Ketika kurang tidur, konsolidasi memori serta penumpukan amyloid. Amyloid merupakan protein kunci, saat salah melipat, maka menyebabkan ‘kusut’ di otak dan mirip dengan karakter demensia. Kurang tidur juga menghambat kemampuan otak untuk membuang racun.

Baca Juga: Hasil Penelitian Menunjukkan Pengobatan Tradisional Tiongkok Efektif Dalam Mengobati Kasus Covid-19 Ringan


Tim juga menemukan hubungan antara durasi tidur dan perbedaan struktur daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan kognitif dan memori. Tidur tujuh jam yang konsisten setiap malam, juga penting untuk mengurangi potensi peradangan dan rentan terhadap penyakit pada usia tua.

Profesor Barbara Sahakian dari Departemen Psikiatri di University of Cambridge, salah satu peneliti, mengatakan bahwa tidur malam yang baik penting di semua tahap kehidupan. Menemukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang tua dapat menjadi sangat penting untuk membantu mereka menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan yang baik dan menghindari penurunan kognitif, terutama untuk pasien dengan gangguan kejiwaan dan demensia.

Bagaimana cara Anda untuk mendapatkan tidur ideal pada malam hari? Tentu pola hidup sehat berperan dalam membantu Anda lebih mudah tidur tanpa overthinking sebelum terlelap.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...