Akibat Penguncian Kembali, Yuan Menyentuh Level Terendah Selama 18 Bulan

Senin, 09 Mei 2022 | 15:38 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM Yuan China memperpanjang kerugian ke level terendah baru 18-bulan di awal perdagangan pada hari Senin, melanggar ambang batas utama, karena kekuatan dolar yang terus-menerus dan kekhawatiran atas perlambatan ekonomi menambah tekanan pada mata uang.

Investor juga dengan cemas menunggu data perdagangan April yang akan dirilis nanti di sesi untuk mengukur ruang lingkup gangguan dari penguncian COVID-19.

Baca Juga: Puncak HUT bank bjb ke-61: Launching New Experience DIGI by bank bjb Menuju Superapps, Hingga Berbagai Hiburan

Sebelum pembukaan pasar, People's Bank of China (PBOC) menetapkan tingkat titik tengah di 6,6899 per dolar, 567 pips atau 0,85 persen lebih lemah dari penetapan sebelumnya di 6,6332, terlemah sejak 3 November 2020.

Mirip dengan minggu lalu, panduan resmi datang lebih kuat dari proyeksi pasar. Pedagang dan analis menganggap itu sebagai tanda pihak berwenang ingin memperlambat penurunan mata uang. Penetapan titik tengah hari Senin adalah 51 pips lebih kuat dari perkiraan Reuters di 6,6950.

Di pasar spot, yuan spot darat turun di bawah level psikologis penting 6,7 per dolar ke level terendah 6,7110 sebelum berpindah tangan pada 6,6936 pada 02:02 GMT, 285 pips lebih lemah dari penutupan akhir sesi sebelumnya.

Mitra lepas pantainya diperdagangkan pada 6,7337 per dolar.

“Kekuatan dolar AS dan kebijakan COVID-19 China dan implementasi terkait kemungkinan akan terus menjadi tema utama yang mempengaruhi CNY dan mata uang Asia lainnya dalam waktu dekat,” kata Li Lin, kepala riset pasar global untuk Asia di MUFG Bank.

Baca Juga: 250 Ribu Pekerja Industri Berlian Terancam Kehilangan Pekerjaan Di Tengah Perang Ukraina-Rusia

Li memangkas perkiraannya untuk pertumbuhan PDB setahun penuh China menjadi 4,3 persen dari 5,2 persen sebelumnya, mengaitkan revisi dengan penegasan kembali kebijakan nol-COVID China dan melanjutkan langkah-langkah penahanan virus yang ketat yang diambil oleh pemerintah daerah.

Pihak berwenang Shanghai telah memperketat tindakan penguncian di seluruh kota yang mereka terapkan lebih dari sebulan yang lalu, diperpanjang hingga akhir Mei, cobaan berat yang ingin dihindari oleh ibu kota Beijing dengan mengubah pengujian massal menjadi rutinitas hampir setiap hari.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...