Wagubri Minta OPD Segera Realisasikan Pembangunan Fisik dan Keuangan Tepat Waktu

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:49 WIB
Wagubri Edi Natar Nasution Wagubri Edi Natar Nasution

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau agar segera mempercepat progres realisasi pembangunan fisik dan keuangan pada triwulan I tahun 2022 ini.

Ia menerangkan, sebagai kepala OPD yang diberi kepercayaan untuk membantu tugas gubernur dan wakil gubernur, hendaknya berkomitmen penuh merealisasikan pembangunan di daerah. Sehingga program yang telah dicanangkan dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan tepat pada waktunya.

"Harusnya kinerja itu berbanding lurus dengan realisasi yang akan kita capai. Tolong progres realisasi pembangunan fisik dan keuangan ini segera dilaksanakan," ucapnya, saat memimpin rapat evaluasi dan progres realisasi pembangunan fisik dan keuangan, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (9/5/2022) malam.

Wagubri menerangkan, Presiden RI Jokowi juga telah mengingatkan pemerintah daerah untuk segera realisasi pembangunan fisik dan keuangan ini. Sehingga menurutnya, tidak ada alasan lagi bagi OPD untuk menunda-nunda dalam hal realisasi tersebut.

"Presiden sudah mengingatkan untuk segera realisasikan, ditambah juga harus membeli produk dalam negeri, ini mohon diingat," ucapnya.

Baca Juga: UAS Milad ke 45, Bupati Alfedri Doakan Dimudahkan dalam Dakwah

Edy Nasution mengungkapkan, hasil rapat malam ini akan segera dilaporkan ke Gubernur Riau. Sehingga beberapa waktu kedepan akan kembali dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sudah sejauh mana progres itu dilaksanakan.

"Jangan sampai akhir tahun nanti terburu-buru, penekanan saya adalah salurkan apa yang seharusnya segera disalurkan," ungkapnya.

Ia melanjutkan, jika ada perbedaan data antara yang ada di sistem dengan data yang dipegang masing-masing OPD, agar dapat segera dilaporkan. Karena data ini sangat menentukan kinerja dari Pemprov Riau sendiri.

Disamping itu, Wagubri juga menginstruksikan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau untuk menunjuk staf khusus untuk menginput data realisasi fisik dan keuangan tersebut, agar mempermudah melihat sejauh mana progres dari realisasi ini dan jika terjadi kendala bisa langsung menghubungi orang yang bersangkutan.

"Kemudian, tender yang berulang-ulang mestinya tidak terjadi lagi, kedepannya ini untuk diperhatikan pula," tambahnya.

Baca Juga: Terdaftar Peserta BPJamsostek, Petugas Kebersihan UIN Suska Terima Santunan Kematian dan JHT Senilai Rp43,03 Juta  

Dalam kesempatan itu, Edy Nasution mengajak Kepala OPD untuk sama-sama bertanggung jawab memajukan Provinsi Riau. Apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing OPD segera diselesaikan dengan saling koordinasi dan saling bekerja sama antar lintas sektor.

"Terima kasih atas waktu nya, mudah-mudahan rapat ini membuahkan hasil yang lebih baik kedepannya. Libatkan pihak Kejati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari," tutupnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto, Asisten III Setda Riau Joni Irwan dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau atau yang mewakili. (MC Riau)

PenulisR24/ogas


Loading...
Loading...