Pertama di Dunia, Kota di Australia Ciptakan Mata Uang Dari Tanah Liat

Selasa, 10 Mei 2022 | 11:37 WIB
Foto : Kota Australia Ini Ciptakan Mata Uang Dari Tanah Liat Foto : Kota Australia Ini Ciptakan Mata Uang Dari Tanah Liat

RIAU24.COM - Sebuah kota kecil Australia bernama Castlemaine di negara bagian Victoria terkenal dengan emas yang digali di sekitar wilayah itu pada pertengahan 1800-an. Pada satu titik, kota itu adalah rumah bagi ladang emas terkaya di dunia. Tetapi dengan inisiatifnya baru-baru ini, kota itu sekarang mungkin dikenal dengan sumber kekayaan yang jauh lebih eksotis - tanah liat!

Sekelompok seniman baru-baru ini meluncurkan mata uang tanah liat untuk digunakan sebagai bagian dari eksperimen ekonomi, menurut laporan oleh berita ABC Australia. 

Baca Juga: Live Streaming 61 Jam Non Stop bank bjb Siap Pecahkan Rekor MURI

Castlemaine Kota Australia Menciptakan <a href=Mata Uang Tanah Liatnya Sendiri" src="https://im.indiatimes.in/content/2022/May/castlemaine-clay-currency-coin_6278c4ca53a0f.jpg?w=720&h=480&cc=1" style="height:480px; width:720px" />

Dinamakan 'silver wattle' setelah tanaman asli, mata uang tanah liat senilai sekitar USD 10.000 telah dibuat dalam dua denominasi .

Satu versi mata uang dicetak dengan angka 1, yang nilainya setara dengan USD 10, dan versi lainnya memuat angka lima, senilai USD 50. Sebuah pameran yang didasarkan pada gagasan mata uang (tanah liat) sedang berlangsung selama dua minggu ke depan di Castlemaine, menurut berita ABC.

Artis Dale Cox dilaporkan mengatakan bahwa idenya adalah untuk menyimpan uang yang dibelanjakan secara lokal daripada disedot oleh perusahaan atau masuk ke rekening bank asing.

Baca Juga: Elon Musk Mengatakan Kesepakatan Senilai USD 44 Miliar Untuk Membeli Twitter Ditunda

"Kami ingin membayangkan kembali di mana kami menemukan kekayaan dan nilai," kata seniman Cox, menambahkan, "Proyek ini berskala kecil dan ini benar-benar hanya eksperimen seni, sehingga tidak ada pendapatan yang hilang dalam jumlah besar untuk itu, dan ini benar-benar hanya percobaan," kata Cox.

Apa Kata Ahli Lingkungan & Bisnis

Castlemaine Membuat Mata Uang Tanah Liatnya Sendiri

Delapan bisnis dilaporkan telah bergabung dengan eksperimen ekonomi, termasuk The Taproom, Cabosse and Feve Chocolates dan Tortoise Espresso, untuk mengakui koin sebagai mata uang yang sah , sesuai dengan laporan berita ABC .

Newcombe, seorang ekonom lingkungan oleh perdagangan, mengatakan dia senang terlibat dalam proyek yang memicu banyak percakapan seputar gagasan uang. " Ini benar-benar menyatukan gagasan ekologi dan ekonomi, dalam arti puitis seperti koin yang terbuat dari tanah liat , tetapi gagasan yang kita butuhkan (adalah memiliki) keragaman dalam sistem kita. Karena saat ini kita memiliki monopoli uang dan itu hal yang berbahaya," katanya.

Johnny Baker, yang menjalankan toko roti di kota Castlemaine di mana koin dapat digunakan, dilaporkan mengatakan bahwa dia menyukai konsep tersebut dan ingin mendukung proyek tersebut.

Dia berkata, "Castlemaine adalah kota yang sangat kreatif, kami memiliki banyak seniman dan ini akan semakin membangun reputasi kreatif kota ini." 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...