Berharap Masyarakat Kota Pekanbaru jadi Tuan di Rumah Sendiri, Pemko Tandatangani MoA dengan UIN Suska

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:18 WIB
Berharap Masyarakat Kota Pekanbaru jadi Tuan Rumah di Rumah Sendiri, Pemko Tandatangani MoA dengan UIN Suska Berharap Masyarakat Kota Pekanbaru jadi Tuan Rumah di Rumah Sendiri, Pemko Tandatangani MoA dengan UIN Suska

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, S.T, M.T menandatangani nota kesepahaman dengan Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr.H. Khairunnas Rajab, MAg. Proses penandatangan nota kesepahaman antara pemerintah kota dan UIN Suska ini berlangsung di Auditorium Rektorat UIN, Rabu (11/5).

Firdaus dalam kesempatan itu juga menyampaikan capaian kepemimpinan selama sepuluh tahun di Kota Pekanbaru di hadapan civitas akademika UIN Suska.

Firdaus menyebutkan capaian program bersama Wakil Wali kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, SSi merupakan pondasi untuk Kota Pekanbaru siap menghadapi tantangan global kedepannya.

Baca Juga: Aksi Umat Islam Riau Bela UAS, Massa Aksi : Singapura Itu Fitnah!!

Dirinya menyebut ini untuk mempersiapkan infrastruktur hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Apalagi Indonesia kedepan akan menghadapi tantangan yang besar dari dunia, terutama ekonomi dan teknologi.

Indonesia diprediksi menjadi negara besar di tahun 2045 sudah terlihat saat ini dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Ia mengatakan bahwa amanah konstitusi dan visi negara adalah menjamin kesejahteraan bangsa dan untuk mencapai itu salah satu kuncinya bagaimana mencerdaskan bangsa.

Baca Juga: Polda Riau Ungkap Tindak Pidana Perdagangan Orang, 70 Migran Ditemukan Disembunyikan Ditengah Hutan

"Dan pencerdasan bangsa ini rohnya adalah bagaimana membangun smartcity dan Pekanbaru sudah memulainya," jelasnya.

Kota Pekanbaru sudah dinobatkan menjadi smartcity peringkat tiga nasional dari ratusan Kabupaten/Kota di Indonesia. Ini adalah bukti bahwa pemanfaatan SDM yang unggul sudah membuahkan hasil yang cukup positif.

Namun begitu, Wali kota juga menjelaskan ada peluang besar agar masyarakat Pekanbaru tetap menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri.

Sebagai contoh, Kawasan Industri Tenayan (KIT) yang dibangun akan membuka peluang 150 ribu tenaga kerja dan itu diharapkan dapat diisi oleh anak-anak Pekanbaru dan Riau khususnya. Untuk itu, Firdaus memberi tantangan kepada UIN Suska Riau untuk bisa mencipta tenagakerja unggul dari para alumninya guna ikut menjawab tantangan kedepan.

"Apa yang dilakukan Wali kota Pekanbaru sudah tepat, dan sekarang apa yang menjadi tantangan Wali kota juga sudah kami lakukan. InsyaAllah, dengan langkah serentak maka apa yang dicita-citakan bersama akan tercapai," ujar Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M.Ag.

Untuk langkah awal, Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M.Ag menandatangani MoU dengan Pemko Pekanbaru bersama Wali kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T di Auditorium Rektorat UIN, Rabu (11/5). Selain itu, juga dilakukan penandatangan Memorandum Of Agreemant (MoA) antara Dekan Fakultas Pertanian UIN Suska dengan Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

Terlihat hadir mendampingi Wali kota Pekanbaru, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr. Ismardy, Kepala Dinas Koperasi Sarbaini, Kepala Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan, drh Firdaus, Kepala Dinas Sosial DR Idrus dan sejumlah pejabat lainnya. (Kominfo)

PenulisR24/ogas


Loading...

Loading...