Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 di Pekanbaru

Jumat, 13 Mei 2022 | 10:02 WIB
Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 di Pekanbaru Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 di Pekanbaru

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 Tahun 2022 akan berlangsung di Provinsi Riau, tepatnya pada tanggal 17-18  Mei 2022 mendatang,dan akan dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Arsiparis Madya Provinsi Riau, Ramli Arsyad menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan mulai dari tanggal 16 Mei 2022 yaitu dengan penjemputan para tamu  baik sebagai pemateri  dan para peserta yaitu  tamu dari provinsi, kabupaten dan kota.

Hal ini disampaikannya, saat menghadiri Talk Show Jendela Literasi dan Inspirasi Kita (Jelita) Riau, melalui channel YouTube Info Publik Riau, pada Kamis (12/5/2022).

Berikutnya, pada tanggal 17 Mei dilakukan serimoni pembukaan yang direncanakan akan diresmikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Kanarvian. Pada 18 Mei 2022, yaitu melakukan rapat koordinasi nasional (Rakornas) akan disampaikan evaluasi dari hasil pengawasan kearsipan nasional oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Untuk pelaksanaan penyampaian hasil evaluasi kearsipan ini yang akan menjadi keynote speaker adalah Pak Tjahjo Kumolo (Menpan-RB)," katanya.

Ramli juga menjelaskan, akan dilaksanakan pemberian penghargaan bagi kementrian, lembaga, maupun pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, yang telah memperoleh prestasi yang baik dalam pengawasan kearsipan nasional.

"Pada pelaksanaan tersebut, akan dilaksanakan pameran kearsipan yang di motori ANRI yaitu menyampaikan potensi yang ada termasuk Riau serta 13 kabupaten kota baik itu potensi sumber daya alam, kearsipan, sejarah maupun potensi lainnya," jelas Ramli.

Ia menambahkan, selain pameran, kegiatan tersebut juga dilakukan bazar dengan mengundang UKM (Riau) untuk mempromosikan khas Provinsi Riau.

Baca Juga: G20 Dukung Upaya Jaga Kelestarian Gambut dan Mangrove, Wamen LHK : Sekat Kanal Perlu Diperbanyak

"Bazar ini kita harapkan untuk para peserta, namun tidak kemungkinan untuk masyarakat dapat berkunjung. Namun hal ini, perlu kita koordinasikan dengan pihak panitia dari ANRI," ujarnya.

Selanjutnya, pada tanggal 19 Mei 2022 mendatang dalam rangka Hari Kearsipan Nasional 2022 di Riau ini akan melaksanakan peresmian hibah tanah oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kepada pemerintah melalui Arsip Nasional Republik Indonesia, untuk pembangunan depot arsip instansi vertikal yang ada di Provinsi Riau.

"Nah, akan dilanjutkan dengan rangkaian melakukan city tour yaitu akan dilaksanakan ke Kabupaten Siak dengan mengunjungi istana Siak, namun hal ini akan kita koordinasikan lagi," lanjutnya.

Baca Juga: Dr Deni Efizon Mendaftar jadi Rektor Unri

Ia berharap, pada pelaksanaan kegiatan ini, untuk pihak provinsi, kabupaten dan kota sebagai peserta, pihaknya juga melakukan kordinasi mengundang kabupaten kota untuk mengikuti segala rangkaian pada Hari Kearsipan Nasional 2022 mendatang.

"Diharapkan peserta dapat mengikuti  oleh seluruh rangkaian kegiatan," harapnya. (MC Riau)

PenulisR24/ogas


Loading...

Loading...