PT Medco : PLTGU Tenayan Raya untuk Mendukung Net-zero Emission 2050

Jumat, 13 Mei 2022 | 10:12 WIB
Presdir Pt Medco Presdir Pt Medco

RIAU24.COM -  PEKANBARU -  Untuk mendukung program pemerintah untuk mencapai Net-zero Emission Tahun 2050. Presiden Direktur PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) Eka Satria mengatakan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) ini juga merupakan komitmen bersama. 

Hal ini disampaikannya pada saat meresmikan secara langsung pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau 275 Mega Watt (MW) di Kompleks Industri Tenayan Raya Pekanbaru, Kamis (12/05/2022).

"PLTGU ini juga termasuk didalamnya program - program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan masyarakat budidaya ikan kerajinan rakyat (CSR) dan juga penanaman pohon kembali sekitar 4,400 hektar," ungkap Eka Satria.

Pihaknya juga menyampaikan dengan mesin combined cycle berbasis teknologi terkini, PLTGU Riau menghasilkan listrik yang efisien, ramah lingkungan dan memenuhi standard Internasional  untuk emisi gas buang dan manajemen kualitas lingkungan.

"Penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power dalam mendukung program Pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur mega-proyek kelistrikan, sekaligus mengembangkan portofolio bisnis gas to power kami secara berkelanjutan," jelasnya.

Baca Juga: UAS Milad ke 45, Bupati Alfedri Doakan Dimudahkan dalam Dakwah

Pihaknya juga melanjutkan bahwa pembangunan PLTGU Riau ini merupakan proyek strategis nasional yang dicanangkan untuk memperkuat kelistrikan Sumatera khususnya Riau.

"Dengan menggunakan Gas Komersial berbasis teknologi dan ramah lingkungan yang memenuhi standar EDC ini diperkirakan hanya dibawah 0,40 MW saja," lanjut Eka Satria.

Selain itu, Eka mengungkapkan bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan industri internasional seperti ADDB, ARC, Semitomo dan alhamdulillah proyek ini mendapatkan penghargaan proyek pembangkit gas alam dari Asia Power.

"Alhamdulillah proyek kita ini membutuhkan 8,6 juta power untuk mempekerjakan 1500 tenaga lokal dan diselesaikan dengan aman. Selama hampir 2,5 tahun proyek ini dioperasikan hampir 75 persen tenaga ahli nya juga direkrut dari lokal," ungkapnya.

Baca Juga: Terdaftar Peserta BPJamsostek, Petugas Kebersihan UIN Suska Terima Santunan Kematian dan JHT Senilai Rp43,03 Juta  

Pihaknya juga menyebutkan bahwa MSPR pada saat ini sedang mengoperasikan tenaga listrik dengan kapasitas 3100 di 18 lokasi di Indonesia. 

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan pembangkit listrik berbasis energi bersih, terbarukan sehingga dapat mendukung program pemerintah dan PLN dalam penyediaan listrik yang bersih, ramah lingkungan dan kordouble," sebut Eka Satria. (MC Riau)
 

PenulisR24/ogas


Loading...
Loading...