Menpan-RB Berikan Penghargaan Kearsipan kepada Wako Pekanbaru

Jumat, 20 Mei 2022 | 09:38 WIB
Menpan-RB Berikan Penghargaan Kearsipan kepada Wako Pekanbaru Menpan-RB Berikan Penghargaan Kearsipan kepada Wako Pekanbaru

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus mendapat penghargaan atas komitmen dan dukungan dalam penyelenggaraan kearsipan. Penghargaan diberikan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto di Aula Pertemuan Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (18/5).

"Kami mendapat kehormatan sebagai tuan rumah dalam Hari Kearsipan Nasional ke-51 meski di tengah pandemi Covid-19. Tadi juga disampaikan Menpan RB Tjahjo Kumolo bahwa Kearsipan ini sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi. Kami juga mendapat penghargaan dari ANRI atas penyelenggaraan kearsipan," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai menerima penghargaan.

Baca Juga: Resmikan Pelayanan KTA Satpam di MPP, Kapolda Riau Puji Inisiatif Dirbinmas dan Tim

Sebagaimana disampaikan Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam pidatonya, arsip merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memasukkan Reformasi Birokrasi dalam visi dan misinya.

"Reformasi Birokrasi itu adalah bagaimana pemerintah pusat dan pemerintah daerah mempercepat proses perizinan. Kemudian, mempercepat proses pelayanan masyarakat di semua tingkatan," ungkap Tjahjo.

Hari ini, semua layanan publik digratiskan. Proses layanan juga cepat.

Baca Juga: Ditutup Sementara, Pj Walikota Puji Management Holywings Pekanbaru


"Sehingga, birokrasi yang panjang menjadi pendek. Reformasi birokrasi telah mempercepat proses perizinan dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat," sebut Tjahjo.

Terima kasih disampaikan kepada Mendagri Tito Karnavian yang telah mengeluarkan surat edaran mulai dari pemerintah provinsi hingga kelurahan dan desa untuk membuat arsip. Mendagri juga mendorong perlu adanya perpustakaan, meski kecil. (Kominfo)
 

PenulisR24/ogas


Loading...

Loading...