Puing-puing Luar Angkasa Ditemukan Secara Misterius di 3 Wilayah di India, Diduga Berasal dari Roket China

Minggu, 22 Mei 2022 | 20:57 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Meski jarang terkena puing-puing luar angkasa, tampaknya hal itu sudah menjadi kejadian biasa di beberapa belahan dunia.

Pada tanggal 12 Mei, beberapa bagian pedesaan India Barat dihantam oleh serpihan-serpihan yang diduga sebagai puing-puing luar angkasa , yang bertabrakan di negara bagian Gujarat.

Menurut The Indian Express , pecahan-pecahan itu jatuh ke desa Bhalej, Khambholaj, dan Rampura, di mana penduduk desa dilaporkan mendengar bunyi keras dan pergi ke luar untuk menemukan bola logam hitam besar dengan berat sekitar 5kg.
 

Baca Juga: PlayStation Resmi Mengumumkan Langganan 'All-New PlayStation Plus' Dengan Berbagai Tingkatan


Tidak ada korban luka yang dilaporkan di tiga desa , yang semuanya terletak dalam jarak sekitar 15 km satu sama lain.

Meskipun pihak berwenang setempat maupun Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) tidak secara positif mengidentifikasi objek tersebut, beberapa ahli percaya bahwa itu mungkin disebabkan oleh roket China yang memasuki kembali atmosfer Bumi .

Menurut astrofisikawan Jonathan McDowell dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, tahap ketiga dari roket Long March 3B China kembali memasuki atmosfer bumi pada hari yang sama puing-puing jatuh dari langit .

Roket yang diluncurkan pada September membawa satelit komunikasi ZX-9B China.

Baca Juga: Badai Matahari Mendadak Hantam Bumi, Para Ilmuwan Bingung


Dalam sebuah posting Twitter, McDowell berkata, “Kami tahu bahwa CZ-3B Y86 masuk kembali pagi itu. Kami tidak tahu pasti di mana, tetapi lintasannya yang diproyeksikan melintasi Gujarat pada waktu yang tepat, jadi itu adalah kandidat yang baik, dan tidak ada objek besar lainnya yang masuk kembali pagi itu .”

“Oleh karena itu, saya menyimpulkan bahwa identifikasi puing-puing ini dengan CZ-3B Y86 sangat kuat, kepercayaan tinggi, meskipun tidak 100% konklusif.”

Jika puing-puing yang dicurigai dikonfirmasi sebagai bagian dari roket China, itu akan menjadi yang kedua kalinya dalam waktu kurang dari 2 bulan bahwa puing-puing peluncuran China jatuh di wilayah India .

Pada tanggal 2 April, beberapa benda, termasuk cincin logam besar , jatuh ke desa pedesaan Barat lainnya. Ilmuwan ISRO yang melakukan penyelidikan di lokasi memberi label benda-benda itu sebagai bagian dari roket Long March China .

Sementara itu, China tetap bungkam atas insiden masuk kembali tersebut.


Ada juga beberapa kasus lain dalam beberapa tahun terakhir di mana roket China masuk kembali dengan mengganggu .

Kembali pada Mei 2021, sisa-sisa dari tahap inti roket Long March 5B China dengan panjang sekitar 30m dan lebar 5m jatuh ke Samudera Hindia setelah berhari-hari spekulasi.

NASA sebelumnya telah mengkritik China karena "gagal memenuhi standar yang bertanggung jawab mengenai puing-puing luar angkasa mereka."



PenulisR24/dev


Loading...

Loading...