Inilah Durasi dan Waktu Tidur Siang yang Tepat Agar Manfaatnya Bisa Kamu Rasakan

Sabtu, 28 Mei 2022 | 21:15 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa tidur siang dua atau tiga kali seminggu baik untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Sementara tidur siang setiap hari bisa jadi merupakan tanda tidur malam yang tidak memadai atau masalah kesehatan yang mendasarinya. 

Seorang ahli mengatakan tidur siang harus kurang dari 30 menit.  Jika Anda bisa tidur siang selama 15 atau 20 menit, itu jauh lebih baik.

Baca Juga: Proses Terbentuknya Batu Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja, meningkatkan mood, membuat Anda lebih waspada, dan mengurangi stres. 

Tidur siang tidak hanya membantu kita mengingat hal-hal yang baru saja kita pelajari, tetapi juga membantu otak menarik hubungan antara hal-hal yang kita temukan. 

Jika Anda merasa down, cobalah tidur siang untuk membangkitkan semangat. Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam, dapat mencerahkan pandangan Anda. Para ahli mengatakan relaksasi yang datang dari berbaring dan istirahat adalah mood booster, terlepas dari apakah Anda tertidur atau tidak.

Tidur siang yang singkat tidak hanya dapat mengurangi rasa kantuk tetapi juga meningkatkan fungsi kognitif dan kinerja psikomotor (otak menyuruh tubuh untuk bergerak). 

Waktu terbaik untuk tidur siang bagi kebanyakan orang adalah tepat sebelum makan siang, sekitar pukul 12:30, atau setelah makan siang, sekitar pukul 14:00. 

 

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...