Biologi FMIPA UNRI Bangun Karakter Mahasiswa Lewat BIOLOGY ON JURNEY 2022

Rabu, 15 Juni 2022 | 08:52 WIB
Biologi FMIPA UNRI Bangun Karakter Mahasiswa Lewat BIOLOGY ON JURNEY 2022 Biologi FMIPA UNRI Bangun Karakter Mahasiswa Lewat BIOLOGY ON JURNEY 2022

RIAU24.COM - Biology on Journey (BONJOUR) merupakan salah satu alur pengkaderan mahasiswa/i Jurusan Biologi FMIPA UNRI yang bertujuan membangun karakter peserta serta mempererat jiwa kekeluargaan para peserta dengan senior, alumni, serta dosen Biologi FMIPA UNRI.

BONJOUR 2022 dengan tema "Trust the Process, Grow a Better Biologist" dihadiri oleh 5 angkatan aktif, alumni, serta seluruh dosen Jurusan Biologi. Acara ini digelar selama 3 hari 2 malam, yakni pada hari Jumat (03/06) hingga hari Minggu (05/06) lalu.

Pada hari pertama, BONJOUR 2022 dibuka secara formal oleh MC, yakni Aldy Riau Wansyah Hasibuan, S.Si., dan Salwa El-Fakhirah Anwar di Auditorium Gedung Kuliah FMIPA UNRI. Peserta BONJOUR 2022 disuguhkan beberapa materi, yakni "Keuntungan Menjadi Seorang Mahasiswa Biologi" yang dituturkan oleh Hari Kapli, S.Pd., M.Si., dan "Leadership" oleh Rio Riduan, S.Si. Kemudian acara formal ditutup dan dilanjutkan dengan acara informal yang berlangsung di Bumi Perkemahan Universitas Riau.

Sesampainya di Bumi Perkemahan Universitas Riau, peserta diarahkan menuju tenda peserta dan latihan pentas seni. Kemudian peserta diarahkan untuk makan malam dan ibadah. Pada malam harinya, peserta disuguhkan materi "Meningkatkan Ketangguhan Diri" oleh Prof. Dr. Fitmawati, M.Si. Terakhir, peserta diarahkan untuk beristirahat.

Pada hari kedua, peserta diajak untuk melakukan senam dalam kegiatan Bugar Sehat (BUSET) yang dipimpin oleh panitia pelaksana. Setelah itu, peserta mempersiapkan diri untuk menerima materi mengenai cara bertahan hidup di alam yang dalam kegiatan How to Get Through. Dalam kegiatan ini terdapat 5 materi berbeda dari setiap pemateri, yakni materi "Pengenalan Jejak di Dalam Hutan" oleh Ahmad Fitriansyah, S.Si., "Navigasi di Hutan" oleh Yogi Satriyo, S.Si., "Tanaman yang Dapat Dimakan Saat di Dalam Hutan" oleh Imas Hendry Kurniawan, S.Si., "Penanganan Satwa Liat" oleh Satrio Nugroho, dan "Survival" oleh Sumarni, S.Si.

Baca Juga: Menjaga Kebersihan dan Kerukunan Warga Jadi Prioritas RT1/RW13 Kelurahan Air Dingin

Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai kamera dan fotografi pada kegiatan Biology on Lens (BIOLENS) yang dibawakan oleh Agung Purnomo Adjie S, S.Si., M. Hadis, S.Si., Yuanda Rafli Owen, S.Si., dan Hersan Bayu Kurnia, S.Si., Setelah itu, peserta membuat mindmap dalam kegiatan Open Your Mind! dan dilanjutkan dengan latihan pentas seni yang akan ditampilkan pada malam nya di kegiatan Bonfire Night.

Pada hari ketiga, peserta dibimbing untuk berkemas dan membersihkan sampah di sekitar tenda lewat kegiatan Operasi Semut. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan Ikrar Sampah yang dibimbing oleh Hari Kapli, S.Pd., M.Si., dan bersalam-salaman dengan senior, alumni, dan dosen Jurusan Biologi FMIPA UNRI. Terakhir, acara ditutup dengan foto bersama.*(rls)

PenulisR24/wonja


Loading...

Terpopuler

Loading...