Elon Musk Digugat 258 Miliar Dolar oleh Dogecoin, Ada Apa?

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:06 WIB
Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX digugat oleh Dogecoin/Reuters Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX digugat oleh Dogecoin/Reuters

RIAU24.COM Elon Musk digugat sebesar 258 miliar dolar pada hari Kamis oleh seorang investor Dogecoin yang menuduhnya menjalankan skema piramida untuk mendukung cryptocurrency.

Dalam pengaduan yang diajukan di pengadilan federal di Manhattan, penggugat Keith Johnson menuduh Musk, perusahaan mobil listrik Tesla Inc (TSLA.O) dan perusahaan pariwisata luar angkasa SpaceX melakukan pemerasan karena menggembar-gemborkan Dogecoin dan menaikkan harganya, hanya untuk kemudian membiarkan harganya jatuh.

Elon Musk adalah CEO Tesla dan SpaceX.

"Terdakwa menyadari sejak 2019 bahwa Dogecoin belum memiliki nilai yang mempromosikan Dogecoin untuk mendapat untung dari perdagangannya," kata pengaduan, dikutip dari Reuters pada Jumat (17/6/22).

"Musk menggunakan namanya sebagai orang Terkaya di Dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi Skema Piramida Dogecoin untuk keuntungan, eksposur, dan hiburan," terang laporan tersebut.

Baca Juga: Pasang Baliho Riau Murah Meriah di Swastika Advertising

Keluhan tersebut juga mengumpulkan komentar dari Warren Buffett, Bill Gates, dan lainnya yang mempertanyakan nilai cryptocurrency.

Sampai saat berita ini diterbitkan, pihak Tesla, SpaceX, dan pengacara Musk tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Seorang pengacara untuk Johnson tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang bukti spesifik apa yang dimiliki atau diharapkan kliennya yang membuktikan bahwa Dogecoin tidak berharga dan para terdakwa menjalankan skema piramida.

Johnson meminta ganti rugi sebesar 86 miliar, mewakili penurunan nilai pasar Dogecoin sejak Mei 2021, dan menginginkannya tiga kali lipat.

Dia juga ingin memblokir Musk dan perusahaannya dari mempromosikan Dogecoin dan hakim untuk menyatakan bahwa perdagangan Dogecoin adalah perjudian di bawah undang-undang federal dan New York.

Baca Juga: Waspada! Layanan 'Pay Later' Membuat Perempuan Asal Kalimantan Dililit Hutang

Keluhan tersebut mengatakan aksi jual Dogecoin dimulai sekitar waktu Musk menjadi tuan rumah acara NBC ‘Saturday Night Live’ dan memainkan ahli keuangan fiktif pada segmen ‘Weekend Update’, yang menyebutkan Dogecoin dengan ungkapan ‘sebuah hiruk pikuk’.

Tesla pada Februari 2021 mengatakan telah membeli 1,5 miliar dolar bitcoin dan untuk waktu yang singkat menerimanya sebagai pembayaran untuk kendaraan.

Dogecoin diperdagangkan sekitar 5,8 sen pada hari Kamis, turun dari puncak Mei 2021 sekitar 74 sen.

 

PenulisR24/tya


Loading...

Loading...