7 Manfaat Menggunakan Es Batu di Wajah

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:29 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Setiap era memiliki ramuan pahlawan, rezim perawatan kulit yang benar-benar membawa instafam dalam perjalanan yang gila. Es batu atau es facial atau cryo facial mungkin menjadi salah satu tren perawatan kulit yang tetap ada. 

Apa yang dimulai sebagai “daadi maa ka nuskha” yang sederhana kini telah mengambil berbagai bentuk dan bentuk sedemikian rupa sehingga ada satu cabang yang dikenal sebagai cryotherapy yang didedikasikan untuk es batu dan facial es. 

Dr Geetika Srivastava, Dermatologist dan Founder, Influennz- Hair & Skin Clinic membagikan 7 manfaat luar biasa dari penggunaan es batu pada wajah. 

Baca Juga: Lama Durasi Cegukan Bisa Indikasikan Sejumlah Penyakit, Begini Cara Mengenalinya

Nah, itulah 7 manfaat luar biasa dari es batu untuk facial:

  • Menenangkan kulit yang meradang dan terbakar sinar matahari : Ini adalah salah satu kegunaan es batu yang paling penting. Ingat ibumu menyuruhmu mengoleskan es pada kulit yang terbakar atau menuangkan air dingin jika ada luka yang berdarah. Sifat dingin yang menenangkan dari es itu sendiri yang dapat menenangkan sensasi terbakar yang terkait dengan peradangan kulit atau sengatan matahari. Kubus lidah buaya sangat efektif dalam skenario seperti itu.
     
  • Mengurangi bengkak di sekitar mata : Suhu es yang rendah dapat membantu penyerapan limfatik sehingga mengurangi bengkak pada wajah, terutama di sekitar mata. Untuk lebih efektif, gunakan teh hijau atau es batu berbahan dasar kopi. Gunakan selama beberapa minggu untuk melihat perbedaan yang mencolok.
     
  • Mengecilkan pori-pori terbuka : Ini adalah efek sementara. Mengoleskan es batu pada kulit dapat menyebabkan piloereksi yang untuk sementara mengecilkan pori-pori yang terbuka karena suhu dingin tetapi begitu kulit kembali ke suhu normal, pori-pori menjadi terlihat kembali.
     
  • Membantu dalam pengelupasan kulit : Cryofacial telah menjadi sangat populer di Barat. Menggunakan nitrogen cair untuk mencapai suhu beku yang dapat digunakan sebagai facial. Suhu yang dicapai sangat rendah sehingga dapat mengelupas seluruh kulit sehingga memberikan kilau yang tahan lama yang sebanding dengan pengelupasan kimia. Namun, cryo facial sulit dilakukan di antara orang India karena hipopigmentasi menjadi efek samping yang sering terjadi pada jenis kulit yang lebih gelap.

Baca Juga: Tak Bisa Tahan Kantuk dan Ketiduran di Mana-mana? Anda Mungkin Idap Gangguan Ini

  • Mengobati jerawat : Hanya ada bukti anekdot dari es batu yang mengobati jerawat dan berjerawat. Saya cukup khawatir es batu sederhana bisa mengobati jerawat. Namun, es batu pasti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat karena sifatnya yang menyempitkan darah.
     
  • Memungkinkan aplikasi riasan yang halus : Oleskan es batu 5 menit sebelum memulai riasan dasar Anda. Riasan Anda tidak hanya akan tampak halus, tetapi juga akan bertahan lebih lama.

 

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...