Studi: Tak Hanya Penyakit Jantung, Obesitas Tingkatkan Risiko Kanker

Minggu, 19 Juni 2022 | 22:52 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes, nyatanya, lebih dari itu obesitas bisa menyebabkan kanker.

Sebuah studi menemukan bahwa penderita kanker payudara yang mengalami kelebihan berat badan memiliki peningkatan risiko yang signifikan untuk mengembangkan kanker lainnya di tubuh mereka, kanker ini tidak berkaitan dengan kanker mereka yang sebelumnya.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti meninjau data dari hampir 6.500 wanita yang dirawat di Kaiser Permanente di Colorado dan negara bagian Washington. Persentase yang kurang lebih sama adalah berat badan normal, kelebihan berat badan dan obesitas.

Wanita yang menderita kanker payudara invasif memiliki risiko kecil, tetapi secara signifikan lebih tinggi untuk terkena kanker kedua karena indeks massa tubuh mereka meningkat.

Dari 14 kanker yang terdaftar oleh Badan Internasional untuk penelitian kanker terkait obesitas, beberapa di antaranya umum dan sebagian lainnya sulit diobati.

Para peneliti menemukan bahwa 822 - hampir 13% - wanita mengembangkan kanker kedua setelah rata-rata tindak lanjut lebih dari tujuh tahun. Dari jumlah tersebut, hampir 62% adalah kanker terkait obesitas dan 40% adalah kanker payudara kedua.

508 kanker terkait obesitas termasuk 283 kanker payudara pascamenopause; 70 kanker usus besar / rektal; 68 kanker rahim; 21 kanker ovarium; 23 kanker pankreas; dan 14 kanker ginjal.

Terdapat kurang dari 10 kasus masing-masing kanker tiroid, esofagus, kandung empedu, multiple myeloma, meningioma, hati dan perut bagian atas.

Sekitar 55% dari semua kanker pada wanita terjadi pada mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...