Apa Itu Cloudflare? Penyebab Website dan Aplikasi Tidak Bisa Diakses

Rabu, 22 Juni 2022 | 09:47 WIB
Kenali Cloudflare layanan internet dunia/net Kenali Cloudflare layanan internet dunia/net

RIAU24.COM - Jaringan internet pada Selasa (21/06/2022) sempat error dan tidak dapat diakses. Termasuk situs yang mendunia seperti Discord dan beberapa halaman lainnya.

Ternyata, hal ini terjadi karena Cloudflare mengalami down beberapa saat.

Lantas apa itu cloudflare yang menyebabkan layanan internet dunia menjadi error?

Baca Juga: Bahaya Menggunakan VPN, Ternyata Bisa Memantau Aktivitas Pengguna

Mengutip dari beberapa sumber, Cloudflare, Inc. adalah perusahaan Amerika Serikat yang menyediakan jasa jaringan pengantar konten, pencegahan DDoS, keamanan internet, dan peladen nama domain terdistribusi.

Perusahaan Cloudflare berpusat di San Francisco, California, Amerika didirikan pada tahun 2009.

Cloudflare menyediakan layanan sistem keamanan untuk situs web agar tidak terkena serangan Distributed Denial-of-Service yang bisa berpengaruh pada situs web tidak bisa diakses oleh pengguna.

Salah satu Content Delivery Network ini berada di tengah-tengah domain dan web hosting. Cloudflare sebagai pihak ketiga yang menjadi perantara domain dan web hosting tersebut yang dapat meminimalisir dan mengelola urusan cache.

Layanan internet ini memiliki banyak keuntungan diantaranya, dapat menyembunyikan IP address asli dari suatu web hosting, dapat membuat web cache lebih cepat, memberikan perlindungan yang optimal, termasuk layanan gratis dan bisa digunakan beberapa domain sekaligus, dan dapat memblokir akses suatu halaman dari wilayah tertentu.

Adapun beberapa layanan lain yang tidak bisa diakses pada Selasa lalu yakni, Canva, Amazon Web Services, Patreon, Skype, Twitch, Gitlab, game League of Legend, Volorant dan lainnya.

Dikutip dari kompascom, berdasarkan laporan dari laman pemantau gangguan layanan internet, Downdetector, alasan sebagian besar penyebab layanan internet down tersebut karena gangguan  yang terjadi pada server internal Cloudflare.

Baca Juga: Apa Itu NGL Link? Tren Baru Instagram Story yang Sedang Viral, Lengkap dengan Cara Penggunaanya

Sedangkan, dikutip dari akun Twitter resmi Cloudflare, gangguan layanan ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, kemudian pukul 13.40 WIB perusahaan sudah mengidentifikasi masalah gangguan dan melakukan maintenance.

Pukul 15.06 WIB permasalahan berangsur teratasi. Dikutip dari Techcrunch, Cloudflare mengatakan beberapa layanan bisnis mengonfirmasi bahwa mereka perlahan mulai pulih layanannya.*

 

PenulisR24/hilda


Loading...

Loading...