Caleb Swanigan, Atlet NBA yang Meninggal di Usia Muda

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:43 WIB
Caleb Swanigan/oregonlive Caleb Swanigan/oregonlive

RIAU24.COM - Kabar duka datang dari dunia basket Amerika Serikat.

Mantan Portland Trail Blazers dan penyerang Universitas Purdue, Caleb Swanigan meninggal dunia senin malam di usia 25 tahun.

“Dunia kehilangan jiwa yang lembut tadi malam. Love you Biggie, ”tulis tweet dari tim bola basket putra Purdue.

Penjelasan resmi tentang penyebab kematian tidak dirilis, tetapi kantor Pemeriksa Allen County mengonfirmasi pada hari selasa bahwa Swanigan meninggal karena sebab alami di Rumah Sakit Lutheran di Fort Wayne, Indiana. 

Baca Juga: Hasil Lengkap Malaysia Open 2022: Delapan Masuk 16 Besar 3 Pemain Indonesia Tumbang

Rebecca Maze, seorang penyelidik senior di kantor koroner, mengatakan kepada AP bahwa seorang dokter swasta akan menangani sertifikat kematian Swanigan.

Mantan pemain Big Ten Player of the Year dari Purdue ini direkrut oleh Blazers pada 2017 dengan urutan ke-26. 

Dia menghabiskan dua musim di Portland sebelum Blazers menukarnya ke Sacramento pada 2019. 

Swanigan kembali ke Blazers pada 2020 dalam pertukaran yang juga menjaringkan penyerang Trevor Ariza.

Blazers tidak membawa Swanigan kembali pada musim berikutnya. Dalam tiga musim bersama Portland, Swanigan rata-rata mencetak 2,4 poin per pertandingan dalam 65 penampilan dengan empat kali menjadi starter.

Di Purdue, Swanigan menjadi kisah sukses besar baik di dalam maupun di luar lapangan. Dia telah secara terbuka berbicara tentang menjadi tunawisma sebagai seorang anak dan ayahnya kecanduan narkoba.

Swanigan mengatasi hambatan tersebut untuk menjadi pemain Big Ten Player of the Year tahun 2017 setelah mendapatkan rata-rata 18,5 poin dan 12,5 rebound per game.

Baca Juga: 11 Tahun Tak Terendus, Dokter Gadungan Tim Bola Profesional Indonesia Kini Buron

"Keluarga bola basket Purdue sangat sedih dan hancur karena kehilangan Caleb Swanigan," kata pelatih Purdue Matt Painter dalam sebuah pernyataan. 

“Caleb adalah individu yang sangat bijaksana dan jiwa yang lembut yang unggul baik di dalam maupun di luar lapangan. Dia membuat perbedaan besar dalam kehidupan semua orang yang dia sentuh dan dia akan sangat dirindukan,” lanjutnya.

Dari pihak Blazers mereka membuat sebuah tweet pada hari selasa yang berbunyi, “Kami berduka atas meninggalnya mantan pemain Trail Blazers, Caleb Swanigan. Pikiran dan doa kami bersama keluarga Caleb, teman-teman, dan semua orang yang mencintainya.”

PenulisR24/tya


Loading...

Loading...