Mitos Kesehatan yang Tak Diketahui Banyak Orang, Ternyata Makan Diatas Jam 7 Malam Dapat Menurunkan Berat Badan Lho...

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:08 WIB
Foto : IndiaTimes Foto : IndiaTimes

RIAU24.COM - Meskipun makan pada jam yang wajar adalah praktik yang baik, itu tidak selalu praktis. Banyak orang akhirnya melewatkan makan malam sama sekali dan pergi tidur dengan lapar. Meskipun mereka percaya ini akan membantu mereka menurunkan berat badan, itu sebenarnya lebih berbahaya daripada baik dalam jangka panjang. 

Makan larut malam sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Karena takut menambah berat badan, beberapa orang menetapkan batas waktu untuk berhenti makan setelah jam 7 malam. Namun, ini hanyalah mitos. Faktanya, tubuh Anda adalah mesin yang terus-menerus membakar kalori. Anggapan bahwa makan setelah jam 7 malam akan menyebabkan berat badan Anda bertambah atau menjadi gemuk. 

Baca Juga: Lama Durasi Cegukan Bisa Indikasikan Sejumlah Penyakit, Begini Cara Mengenalinya

Tapi tahukah Anda, ternyata makan malam diatas jam 7 malam dapat menurunkan berat badan, dengan cara :

1. Konsumsi makanan paling berkalori Anda di pagi hari, apa yang Anda makan lebih penting daripada saat Anda memakannya. Pastikan Anda lebih suka mengonsumsi karbohidrat di pagi atau sore hari. Juga. cobalah untuk makan dalam jumlah sedang. 

2. Pastikan porsi di piring Anda seimbang, dengan banyak serat, sayuran, protein, dan lemak sehat. Cobalah untuk memiliki diet seimbang sehingga Anda merasa kenyang sepanjang hari. Cobalah untuk menambahkan lebih banyak protein dalam diet Anda dan lebih sedikit karbohidrat. 

3. Disarankan untuk berjalan kaki singkat 10-15 menit setelah makan malam untuk membantu pencernaan dan metabolisme. Makanlah setidaknya 3 jam sebelum tidur untuk memberi tubuh Anda waktu yang cukup untuk mencerna makanan.

Baca Juga: Tak Bisa Tahan Kantuk dan Ketiduran di Mana-mana? Anda Mungkin Idap Gangguan Ini

4. Hindari makanan berkalori tinggi dan manis seperti es krim dan kue. Buah dan sereal gandum tinggi serat dan mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi daripada camilan manis. Tunggu tidak lebih dari lima jam di antara waktu makan untuk menghindari rasa lapar di malam hari.

5. Beberapa orang tidak begitu lapar di pagi hari dan lebih suka makan lebih banyak di kemudian hari. Membiarkan diri Anda makan makanan ringan di malam hari mungkin merupakan taktik yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk membantu Anda tetap di jalur jika Anda lebih suka tidur dengan perasaan puas.

 

 

 

 

 

 

 

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...