Jarang Diketahui, Ternyata Buah Gandaria Memiliki Segudang Manfaat

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:51 WIB
Manfaat buah Gandaria yang tidak diketahui/net Manfaat buah Gandaria yang tidak diketahui/net

RIAU24.COM - Banyak yang tak mengenal buah Gandaria karena pada umumnya tumbuhan ini sangat jarang ditemukan seperti buah Pisang, Mangga ataupun Semangka.

Tapi apakah kalian tahu buah Gandaria ini memiliki manfaat dan kandungan sehat? Buah Gandaria memiliki kandungan bernutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Artikel ini akan membahas manfaat buah Gandaria yang telah dirangkum dari berbagai laman kesehatan.


Sumber: internet

Baca Juga: 10 Negara Didunia yang Melegalkan Ganja Medis

Manfaat buah Gandaria

1. Membantu melembabkan dan menutrisi kulit

Buah Gandaria memiliki kandungan air dan vitamin C yang cukup banyak. Hal tersebut membuat buah ini mampu menutrisi kulit wajah. Bagi wanita yang memiliki kulit kering atau masalah kulit lainnya, buah kecil ini akan membantu dalam pembentukan jaringan kolagen sehingga bisa melembabkan, menutrisi, dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Selain itu bisa juga sebagai anti-penuaan dan mengurangi kerutan halus.

2. Peradangan kronis

Sistem imun didalam tubuh selalu memproduksi radikal bebas saat melawan kuman yang terjadi akibat adanya peradangan di dalam tubuh. Kandungan banyak air dalam buah kecil ini membantu proses penyerapan zat besi lebih efektif di dalam tubuh sehingga meningkatkan daya tubuh terhadap infeksi kuman ataupun virus berbahaya yang menyerang.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Buah Gandaria dipercaya bisa membantu penyembuhan luka karena kandungan di dalam buah tersebut bisa mengelola metabolisme protein dalam tubuh dengan baik sehingga akan membantu stimulus regenerasi sel-sel tubuh.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Manfaat Susu Kunyit Bagi Tubuh

4. Menjaga kesehatan mata

Buah orange ini mengandung vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata. Beta karoten yang dimiliki buah Gandaria merupakan nutrisi yang dapat berubah menjadi manfaat vitamin A yang bisa diserap tubuh dengan cepat.

5. Memperlancar BAB

Buah Gandaria memiliki kombinasi antara kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat membantu dalam memperlancar dan menjaga sistem pencernaan.

Sebagai informasi, buah Gandaria termasuk buah tropis di Indonesia yang menyebar dari kawasan Sumatra, Jawa, Kalimantan, hingga Ambon. Buah ini masuk kedalam golongan buah Mangga.*

PenulisR24/hilda


Loading...

Loading...